Ayo “Jual” Balikpapan!

Balikpapan, Humpro - Pemerintah Kota Balikpapan mengajak warganya untuk “menjual” Balikpapan dengan cara berpromosi melalui keunggulan komparatif guna menjadikan Balikpapan menjadi kota yang bernilai serta memiliki peran strategis dalam perkembangan ekonomi nasional bahkan global.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sayid MN Fadli, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan ketika membacakan sambutan Walikota Balikpapan dalam rangka peringatan Hari Nusantara Tahun 2013, di halaman Kantor Walikota Balikpapan, Selasa pagi (17/12).

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Balikpapan , lanjut Fadli, adalah potensi ekonomi melalui garis pantai yang panjangnya mencapai 45,6 km. Garis tersebut terbentang dari Kelurahan Kariangau hingga Kelurahan Teritip, yang menjadikan Balikpapan menjadi ramai dilayari dan dimanfaatkan.

Wilayah pesisir laut Kota Balikpapan masih menyimpan potensi sumber daya yang terbaharui yakni potensi perikanan yang belum dimanfaatkan secara optimal. “Selain itu, kawasan pesisir dan laut juga memiliki berbagai fungsi ekonomi, yang dipergunakan untuk berbagai aktivitas seperti pemanfaatan sumberdaya perikanan, pertambangan, pertanian, rekreasi dan pariwisata, kawasan industri, permukiman serta pelabuhan / transportasi,” ungkap Fadli.

Besarnya potensi sumber daya yang dimiliki Balikpapan diharapkan dapat dijadikan sebagai wadah guna melahirkan ide-ide baru dalam pengembangan ekonomi kreatif. “Upaya tersebut agar masyarakat dapat bertahan di zaman resesi ekonomi yang tengah melanda dunia saat ini,” ungkapnya. (mgm/hms)