500 Orang Dapat Pemeriksaan Kesehatan Mata Gratis

Balikpapan, Humpro – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan mengadakan bakti sosial pemeriksaan mata gratis di Klinik KORPRI Ruhui Rahayu, Selasa (17/12). Pemeriksaan mata secara gratis tersebut ditargetkan akan melayani 500 orang, dan hingga pagi tadi sudah 330 orang yang terdaftar dalam pemeriksaan gratis tersebut.

“Bakti Sosial pemeriksaan mata gratis ini adalah salah satu kegiatan dari rangkaian peringatan HUT KORPRI ke 42,” Jelas Robi Ruswanto selaku panitia HUT KORPRI ke -42 Kota Balikpapan. Robi berharap dengan adanya baksos tersebut dapat bermanfaat bagi anggota KORPRI maupun masyarakat.

Acara tersebut dimulai tepat pukul 08.00 wita dan secara resmi dibuka oleh Kepala DKK Balikpapan Dyah Muryani. Dyah menyambut baik kegiatan pemeriksaan mata dan pembagian kacamata secara gratis tersebut. “Tentunya saya sangat senang dengan kegiatan ini karena pemeriksaan mata ini bukan hanya untuk penderita rabun saja tetapi juga untuk penderita yang memiliki penyakit mata sehingga bisa segera diobati,” Ujar Dyah Muryani saat meninjau kegiatan pemeriksaan mata tersebut. “Kalau bisa tahun depan kegiatan ini ditambah dengan operasi katarak gratis bagi orang yang membutuhkan,” usul Dyah.

Pemeriksaan mata secara gratis tersebut melibatkan 3 orang dokter spesialis mata dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Kalimantan Timur. Menurut Dyah Muryani, peserta pemeriksaan mata gratis berasal dari anggota KORPRI golongan II, pensiunan PNS, serta kader posyandu dan puskesmas di Balikpapan. Selain itu, bagi peserta yang menderita rabun akan menerima kacamata secara gratis yang akan diserahkan melalui puskesmas masing-masing. “Kegiatan pembagian kacamata gratis ini bekerja sama dengan Optik Visi, hal ini tentunya sangat membantu terutama bagi orang yang tidak mampu membeli kacamata,” jelas Dyah. (HMS/Met)