Dirgahayu Satpam Ke-33, Semakin Berjaya Manjaga Kamtibmas

Balikpapan, Humpro - Peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-33 di Kota Balikpapan berlangsung khidmad, diikuti sejumlah anggota satpam yang berasal dari instansi pemerintah dan swasta, bertempat di Halaman Kantor Walikota Balikpapan, Senin (30/12).

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, melalui amanat Kapolri dalam HUT Satpam ke-33, berharap agar Satpam dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mendukung pemeliharaan kemananan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), melalui kewenangan kepolisian terbatas untuk menyelenggarakan keamanan dan ketertiban dilingkungan kerja.

"Saya menilai, selama ini satuan pengamanan telah mampu menunjukkan kinerjanya dengan baik dalam membantu Polri membina Kamtibmas, menegakkan peraturan, serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan kemananan ditempatnya bertugas," ungkapnya.

Melalui kewenangan terbatas tersebut, lanjut Wali Kota, jika diimplementasikan dengan baik oleh Satpam dengan langkah proaktif dan kerja sama sinergis dengan Polri, maka harapan terciptanya situasi kondisi Kamtibmas yang kondusif dapat tercapai.

Selain upacara, Peringatan HUT Satpam ke 33 dimeriahkan oleh atraksi beladiri seperti karate dan tarung derajat yang peragakan oleh anggota satpam, dan pemberian penghargaan sejumlah lomba seperti Lomba Keterampilan Baris Berbaris, Lomba Keterampilan Borgol, Lomba Keterampilan Tongkat, serta pemberian penghargaan bagi 7 orang anggota satpam yang berprestasi dalam membantu tugas kepolisian dalam mengungkap sejumlah kasus yang terjadi pada tahun 2013. (Hms/Mgm)