Orientasi Mabi, Pemkot Berharap Hutan Kota Dikelola Pramuka

 

Balikpapan, Humpro – Ratusan peserta menghadiri kursus Orientasi Singkat Mabi (Majelis Pembimbing, red) Gerakan Pramuka Se Kota Balikpapan di Aula Pemerintah Kota Balikpapan Selasa, (12/2). Kegiatan yang diikuti 154 peserta ini merupakan salah satu upaya dalam rangka pengembangan gerakan kepramukaan.

Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Drs. Sayid MN. Fadli. Dalam sambutannya, Fadli mengharapkan agar eksistensi Pramuka terus ditingkatkan pada masa reformasi sekarang ini, mengingat pada masa orde lama dan orde baru Pramuka dikenal aktif.  “Saya ucapkan terimakasih bagi pengurus-pengurus Pramuka Kota Balikpapan atas pengabdiannya terhadap Pramuka sehingga untuk menunjang eksistensi Pramuka di Balikpapan, maka dipercayakan lahan berupa hutan  yang akan dikelola oleh Pramuka,” ucap Fadli. Lebih lanjut, Fadli mengatakan bahwa nantinya hutan kota tersebut akan diberi nama Hutan Pramuka.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta, kemudian penyerahan tunggul latihan dari Sekda Balikpapan kepada pimpinan kursus. Diakhir acara, H. M. Hatta Zainal selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur memaparkan hal-hal terkait kepramukaan kepada peserta kursus, diantaranya adalah pengertian, hakekat, fungsi, sifat, dan nilai-nilai dasar kepramukaan, serta kegiatan pelatihan yang akan dilakukan. (hms/tyn)