Peresmian Kantor Baru Kementerian Agama Kota Balikpapan

Balikpapan, Humpro – Kementerian Agama kota Balikpapan resmi memiliki kantor baru. Kantor yang bertempat di Jl. Mayjen. DI. Panjaitan No 1 Balikpapan  resmi dibuka oleh Bapak Dr. H. M. Kusasi, M.Pd selaku Kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur. Pada peresmian ini dihadiri pula oleh Kepala Kementerian Agama Kota Balikpapan Bapak Drs. H. Saifi, M. Pd., Asisiten III Pemkot Balikpapan Bapak Muhammad Noor dan unsur Muspida Kota Balikpapan, Kamis (13/2).

Acara peresmian ini dibuka dengan sambutan Ketua Kementerian Agama Kota Balikpapan Drs. Saifi. Dalam sambutannya Saifi menjelaskan proses pembangunan gedung yang memakan waktu 120 hari ini merupakan wadah untuk pelayanan masyarakat dalam bidang keagamaan. Saifi menambahkan bahwa memiliki kantor yang baru para staf dan pegawai harus memiliki semangat yang baru dalam melayani masyarakat. Hal ini senada dengan sambutan Muhammad Noor yang mewakili Wali Kota Balikpapan. Dalam pidatonya Muhammad Noor menjelaskan bahwa Kota Balikpapan merupakan kota yang multikultur, dengan keanekaragaman suku dan agama  sehingga gesekan-gesekan konflik  bisa saja  terjadi. “Disini tugas kita ialah menjaga stabilitas kemanan kota, dengan diresmikannya Kantor Kementerian Agama yang baru ini semoga dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat” tambahnya.

Selain itu dalam acara peresmian ini Bapak Dr. H. M. Kusasi, M.Pd memaparkan prestasi-prestasi yang di raih oleh Kementerian Agama Kota Balikpapan. Salah satunya penghargaan pelayanan publik bidang keagamaan oleh Kementerian Agama RI. Bapak Kusasi juga menyinggung Pembangunan Asrama Haji kota Balikpapan yang akan direnovasi dan diperluas, karena DPRD Pemprov Kaltim telah memutuskan pemberian dana APBD untuk pembangunan Asrama Haji kota Balikpapan. Kusasi menambahkan bahwa Asrama Haji kota Balikpapan merupakan Asrama terbaik setelah Malaysia dan Turki. "Pelayanan Haji yang maksimal merupakan prestasi yang wajib dipertahankan dan dikembangkan," ujarnya.

Diakhir acara dilakukan pengguntingan pita, yang menandakan bahwa kantor Kementerian Agama regional Balikpapan resmi dibuka. Pengguntingan pita dilakukan oleh Kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim didampingi oleh unsur Muspida kota Balikpapan dan jajaran Pejabat di lingkungan kantor Kementerian Agama, dilanjutkan dengan peninjauan gedung. (hms/ecs)