Belajar Pembangunan Jalan, DPRD Bojonegoro Kunjungi Pemkot Balikpapan

 

Balikpapan, Humpro – Dalam rangka menjalin kerjasama dan menggali informasi terkait sistem lelang dan pembangunan jalan di Kota Balikpapan, Komisi D DPRD Kabupaten Bojonegoro melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Balikpapan, Jumat (14/2). Rombongan yang dipimpin oleh Ketua Komisi D DPRD Bojonegoro H. Ali Huda tersebut diterima langsung oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Drs. Bakhriansyah, M.Si  di Ruang Rapat I Kantor Walikota Balikpapan.

Pada pertemuan tersebut, Drs. Bakhriansyah yang mewakili Walikota Balikpapan memaparkan mengenai keadaan Kota Balikpapan baik dari segi pembangunan fisik maupun Sumber daya Manusia (SDM).

Menurut Ali Huda selaku Ketua Komisi D DPRD Pemkab Bojonegoro, di daerahnya sudah  95 persen menggunakan paving stone kecuali untuk poros jalan provinsi yang masih menggunakan Asphalt Treated Base (ATB). “Kami memilih paving stone karena pemeliharaannya mudah, murah, dan dapat dipasang kembali setelah dibongkar,” jelas Ali Huda.

“Untuk Pemkab kami, anggaran terbesar adalah pembangunan jembatan karena daerah kami dilalui oleh Sungai Bengawan Solo,” ujar Ali Huda.  Menurut Huda terkait sistem lelang sejak 2012 semua pengadaan melalui LPSE sehingga tidak ada lagi yang manual. “Kecuali untuk pengadaan langsung yang ditangani oleh masing-masing SKPD,” tambahnya.

Sementara itu Ir. Rafiudin selaku Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan  menjelaskan bahwa untuk pembangunan jalan di Balikpapan terutama jalan lingkungan memilih untuk menggunakan beton. “Bahkan untuk pembangunan drainase di Balikpapan sudah tidak lagi menggunakan batu gunung tetapi dengan beton, baik parit ukuran kecil hingga besar,” jelas Rafiudin.

Menurut Rafiudin, keunggulan dari pengerasan jalan dengan menggunakan beton karena biaya perawatan lebih murah dibanding jalan aspal serta dapat digunakan pada struktur tanah lemah seperti umumnya kontur tanah yang ada di Balikpapan.

Diakhir pertemuan,  kedua pihak saling bertukar cindera mata antara Pemkab Bojonegoro yang diwakili oleh Ali Huda dengan Pemkot Balikpapan yang diwakili oleh Drs. Bakhriansyah.(HMS/Met)