Balikpapan Gelar Pekan Sarapan Nasional

 

Balikpapan, Humpro – Pekan Sarapan Nasional (Pesan) yang diadakan serentak di seluruh Indonesia juga digelar di Balikpapan. Pesan merupakan acara untuk mengajak seluruh masyarakat agar lebih memerhatikan asupan gizi pada saat sarapan pagi. Acara yang dipusatkan di SDN 001 Balikpapan Timur Jumat (14/2), dibuka oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi didampingi oleh Arita Rizal Effendi.

Acara pekan sarapan nasional dibuka dengan penampilan Tari Ampar-ampar Pisang yang dibawakan oleh murid SDN 001 Baltim. Sembari menikmati hiburan tari-tarian, Wali Kota beserta rombongan menikmati sarapan pagi dengan menu makanan ringan seperti ubi rebus, kacang rebus dan buah-buahan. Dalam sambutannya Wali Kota mengajak seluruh masyarakat untuk membiasakan diri sarapan pada saat pagi hari. “Kita biasanya sering lupa sarapan karena waktu yang terbatas di pagi hari, sarapan pagi sangat penting sebagai sumber energi untuk mengawali aktivitas. Asupan gizi sangat kita perlukan, tidak harus sarapan dengan makanan yang berlebihan, pastikan sarapan kita mengandung gizi contohnya seperti ubi-ubian seperti ini” ujarnya.

Wali Kota menambahkan pentingnya kesehatan bagi seluruh masyarakat termasuk anak-anak sekolah. “Saya meminta agar guru-guru peka terhadap kondisi siswa-siswi ketika pagi hari, biasanya mereka jarang sekali sarapan pagi, saya meminta agar penyediaan UKS di setiap sekolah-sekolah terus dikembangkan, jangan sampai anak-anak kita sakit kemudian harus dipulangkan karena fasilitas kesehatan di sekolah tidak ada” tambahnya.

Pekan Sarapan Nasional merupakan Instruksi dari Menteri Kesehatan yang wajib dilakukan disetiap daerah termasuk di Kota Balikpapan. Gerakan sehat ini bertujuan agar masyarakat menyadari pentinya sarapan pagi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi sebagai sumber energi untuk mengawali aktivitas di pagi hari. (hms/ecs)