Peluncuran Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Kota Balikpapan

Balikpapan, Humpro - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan secara resmi meluncurkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Kota Balikpapan yang diberi nama “SAHABAT BALIKPAPAN” (Seputar Harga Bahan Pokok Terkini di Balikpapan). Peresmian ini dilakukan secara langsung oleh Ketua Dewan Pengarah TPID Kota Balikpapan, dalam hal ini Sekretaris Daerah Bapak Sayid MM Fadli, di Pasar Pandan Sari, Jumat (14/2).

SAHABAT Balikpapan merupakan media informasi yang menampilkan harga sejumlah komoditi pokok di Kota Balikpapan yang terdapat di 5 Pasar yakni Pasar Klandasan, Pandan Sari, Pasar Baru, Kebun Sayur, dan Pasar Sepinggan Balikpapan.  Harga komoditi tersebut akan menggunakan data harga resmi yang disediakan dan di update secara harian oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop). "Adapun informasi harga sejumlah komoditi bahan pokok tersebut disampaikan melalui 3 jenis media informasi yaitu melalui website dengan alamat www.sahabat.co , papan display, dan sms gateway," jelas Fadli.

Fadli menjelaskan selain dapat diunduh di website, informasi harga pangan juga dapat dilihat dari papan display yang berada di Pasar Klandasan dan Pasar Pandan Sari. "Papan display harga tersebut menampilkan harga harian komoditi di pasar. Masyarakat dapat secara langsung melihat harga-harga komoditas yang berlaku hari itu, sebelum berbelanja di pasar," ujarnya.

Cara terakhir yang paling mudah agar masyarakat yang berada di rumah bisa mendapatkan informasi terkini dari komoditas yang dijual di pasar, adalah melalui fasilitas SMS gateway yang telah disediakan. "Hanya dengan mengirimkan SMS dengan mengetik nama pasar#nama komoditas, contoh: Klandasan#telur, lalu kirim ke no SMS 0816203131," terang Fadli.

Sistem prototipe SAHABAT BALIKPAPAN merupakan hasil pengembangan sistem yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Pengembangan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil studi kelayakan pengembangan PIHPS di Kota Balikpapan yang juga dilakukan oleh Bank Indonesia regional Balikpapan. Berdasarkan hasil survei kepada masyarakat, diperoleh hasil bahwa masyarakat setuju jika diadakan PIHPS untuk Kota Balikpapan. selanjutnya, infrastruktur papan display harga disediakan oleh Pemerintah Kota Balikpapan, dalam ini adalah Disperindagkop.

Menurut Fadli dengan diluncurkannya SAHABAT BALIKPAPAN, yang merupakan salah satu instrumen untuk pengendalian harga berbagai komoditas di pasar, diharapkan dapat mengurangi disparitas harga pangan yang cukup tinggi antara produsen, pedagang dan konsumen di Kota Balikpapan. disamping itu, selain sebagai bentuk pelayanan dan perlindungan konsumen, penyediaan informasi harga pangan yang terpecaya dan terkini juga diharapkan dapat menjaga ekspektasi konsumen sehingga inflasi di Kota Balikpapan dapat lebih terkendali. (Hms: Ecs/Tyn)