Peminat Simulasi CAT CPNS di UPT BKN Tinggi

Balikpapan -  Sejak Selasa dan Rabu  17-18 Desember 2019 ratusan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti  simulasi Computer Assisted Test (CAT), di Unit Pelaksana Teknis Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kota Balikpapan, jalan Marsma Iswahyudi, Balikpapan

Peminat pelamar yang mengikuti pelatihan sangat banyak sehingga pihak panitia membatasi hanya 200 peserta dalam sehari.

Pelaksana Tugas UPT BKN Kota Balikpapan Surya Adhi Saputra  mengatakan tingginya peserta simulasi CAT karena pelatihan ini baru pertama kali dilakukan sejak adanya kantor BKN Balikpapan.  Pihaknya  membatasi hanya 200 peserta setiap harinya.
“Ada empat sesi pelaksanaan simulasi. Setiap sesi hanya 55 pelamar yang mengikuti simulasi. Karena memang terbatas, kami hanya punya 55 unit komputer untuk simulasi. Sementara sejak dibuka mulai minggu lalu, ternyata banyak yang mendaftar. Makanya dalam dua hari kami batasi hanya 400 orang,” jelasnya (18/12).
Setiap sesi pelamar diberikan kesempatan selama 30 menit untuk menjawab soal-soal tes CPNS.  “Karena sangat terbatas fasilitasnya, tidak bisa sekaligus. Karena begitu kami buka langsung diserbu pendaftar,”ujarnya.

Seperti diketahui, berdasarkan Data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Balikpapan jumlah pelamar tahun ini, khususnya yang melamar melalui online mencapai 7.814 orang.
Kepala BKPSDM Kota Balikpapan Robi Ruswanto mengatakan, dari jumlah itu  sebanyak 4.936 yang dinyatakan lulus adminsitrasi dan telah diumumkan pada 16 Desember 2019 lalu, melalui situs www.balikpapan.go.id .

“Itu setelah dilakukan pemeriksaan. Setelah diumumkan kita masih menunggu jika ada yang menyanggah keputusan itu selama 10 hari mulai 16 sampai dengan  26 Desember 2019,” kata Robi.

Selanjurnya kata dia, akan dilakukan seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dilaksanakan pada 27 Januari hingga 28 Februari  2020. Sedangkan untuk pengumumannya akan dilakukan pada 22-23 Maret 2020. Kemudian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)  pada 25 Maret hingga 10 April 2020. “Untuk seleksi SKB itu dilakukan pada 27 sampai 30 April 2020 dan pengumumannya hasil akhir seleksi bidang kompetensi akan dilaksanakan pada 1 Mei 2020,” tukasnya. (Diskominfo / editor: mt)