Iduladha, DP3 Balikpapan Datangkan 3000 Hewan Kurban

BALIKPAPAN - Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) kota Balikpapan akan mendatangkan 3.000  hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Iduladha.

"Jumlah hewan  kurban yang akan disembelih pada hari raya Iduladha 2020 ini diprediksi menurun dari tahun lalu, baik hewan kurban sapi dan kambing. Adapun penurunan jumlah hewan kurban ini dikarenakan pandemi  Covid-19. Sehingga terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi, "ujar  Kepala DP3 Kota Balikpapan Heria Prisni.

Menurur Heria,  adapun 3000 ekor hewan kurban didatangkan dari daerah Gorontalo, NTT dan NTB. Namun hewan kurban tidak hanya di datangkan dari luar Balikpapan, namun juga sapi kurban di libatkan dari peternak lokal.

"Selama transaksi penjualan hewan kurban di masa pandemi Covid -19, maka akan diatur prosedur penjualan sesuai protokol kesehatan.Kini, prosedur penjualan masih di rancang, "ujarnya.

Heria menambahkan, apabila prosedur penjualan sesuai protokol Balikpapan tidak diindahkan para pedagang hewan kurban, maka DP3 tidak akan mengeluarkan surat izin kesehatan untuk hewan kurban yang akan dijual.

"Kami tidak akan memberikan stiker kepada pedagang hewan kurban yang tidak mengikuti protokol kesehatan saat menjualkan hewan kurbanya, " ujarnya. (Diksominfo/ editor:mgm)