Galakan Program Bude, DP3 Siapkan 50 ribu bibit lele yang siap dibagikan

BALIKPAPAN - Bagi masyarakat yang ingin membudidayakan ikan lele dan kangkung di media ember (bude) yang lagi ramai digalakan. Maka, dapat ke kantor Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan. Karena, DP3 memiliki 50 ribu bibit lele yang siap dibagikan.

"Kami mempersilahkan warga melalui RT, untuk mengambil ikan lele dan kangkung di kantor DP3. Namun, warga yang mengajukan membudidayakan ikan lele dan kangkung, harus terlebih dahulu menyediakan media ember atau wadah plastik berukuran besar di kelompoknya, " katanya, Jumat (19/6/2020).

Heria mengaku, pengadaan bibit lele di DP3 dilakukan secara swadaya dan tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Adapun tujuan membudidayakan ikan lele dan kangkung dengan menggunakan ember ini, untuk mempertahankan ketanganan pangan keluarga di tengah pandemi Covid -19.

"Pemberian bantuan tidak dapat dilakukan secara perorangan. Pasalnya, DP3 akan kesulitan dalam melakukan pembinaan sekaligus mengontrol hasil dari budidaya tersebut. Selain juga setiap program harus ada pertanggungjawaban, "ujarnya. (Diskominfo/editor:mgm)