Alokasikan 250 Juta Tirai Plastik Pasar Tradisional

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan akan mengalokasikan dana sebesar 250 juta rupiah untuk pembelian tirai plastik yang akan dipasang di 4 pasar tradisional di Balikpapan. Karena, untuk pembelian pelindung wajah diakui sangat besar anggaran yang akan dikeluarkan.

"Berdasarkan keputusan kementerian kesehatan tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum, maka pedagang pengunjung di pasar menggunakan masker dan face shield. Namun, karena keterbatasan anggaran,maka pelindung wajah akan digantikan dengan pemasangan tirai plastik di setiap lapak di pasar tradisional, "ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Kamis (25/6/2020).

Wali Kota menjelaskan, untuk anggaran pemasangan plastik di setiap lapak akan dialokasikan sebesar 250 ribu rupiah yang diperuntukan untuk 4 pasar tradisional di Kota Balikpapan.

"Adapun tujuan pemasangan tirai plastik di setiap lapak pasar, agar para pedagang dan penjual tidak langsung berinteraksi, sehingga penyebaran Covid -19 dapat diantisipasi, " ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Balikpapan – Rahmad Masud mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi baik terkait adanya dari kementerian kesehatan yang menganjurkan pedagang dan pengunjung dipasar untuk menggunakan maskes bersamaan dengan pelindung wajah.

"Sebelum ada anjuran ini, pemerintah kota sudah melaksanakan protokol kesehatan tersebut di pasar tradisional seperti penggunaan masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan, " ujarnya.

Wakil Wali Kota menjelaskan dengan adanya edaran dari kementerian kesehatan ini, tentunya pengawasan akan semakin diperketat.

"Kami selalu mengingatkan kepada pedagang dan pembeli untuk mentaati aturan protokol kesehatan, sehingga penularan virus Covid -19 dapat diatasi, " ujarnya. (Diskominfo/editor:mgm)