Tidak Milik Izin Kesehatan, Tarik Sayuran Impor

BALIKPAPAN, Dinas Perdagangan kota Balikpapan akan menarik produk  sayuran impor yang tidak memiliki izin kesehatan. Karena, produk sayuran wajib melewati izin kesehatan sehingga aman di konsumsi.

Kami akan menarik penjualan jamur enoki di supermarket dan pusat perbelanjaan, termaksud juga sayuran yang tidak memiliki izin, ujar Kepala Dinas Perdagangan kota Balikpapa Arzaedi Rahman.

Menurutnya, penarikan jamur enoko dan sayuran yang tidak memiliki izin kesehatan merupakan kebijakan dari Badan Ketahanan Pangan – BPK Kementerian Pertanian.

Penarikan produk Enoki ini dilakukan apabila tidak melengkapi kelengkapan hasil uji kesehatan. Bukan hanya produk Enoki, namun produk sayuran dari luar negeri lainya yang tidak memiliki izin kesehatan akan di tarik peredaranya. Hal ini bertujuan,untuk memberikan jaminan kepada masyarakat, bahwa sayuran yang dikonsumsi aman bagi kesehatan, ujarnya.

Sektor pertanian turut terkena dampak pandemi virus Corona atau covid-19, bahkan ada potensi Krisis pangan di Kota Balikpapan. Virus Corona yang mewabah, tak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tetapi juga perekonomian masyarakat di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Diskominfo editor mgm