Rakor Kesiapan Pilkada Balikpapan

Balikpapan - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Bawaslu, Kepolisian, TNI serta tokoh agama, serta tokoh pemuda melaksanakan koordinasi kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak kota Balikpapan pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan 2020 pada Selasa (02/ 09/ 2020).

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menyampaikan ke Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi terkait kendala dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.Hal ini dikarenakan, anggaran sebesar Rp 13,5 miliar rupiah yang diajukan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dan rapid tes bagi 1500 ptugas TPS.Baru Rp 1,7 miliar yang disetujui Kemendagri.

Kami telah mengajukan anggaran pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) petugas TPS kepada Kemengdari, dikarenakan pemerintah kota tidak memiliki anggaran untuk mengalokasikan APD KPU, ujar Ketua KPU Balikpapan Noor saat rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan kepala daerah kota Balikpapan tahun 2020 yang dihadiri Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Ketua Bawaslu Balikpapan Agustian, unsur muspida, tokoh agama, tokoh pemuda dan ormas yang bertempat di aula Kantor Wali Kota Balikpapan.

Thoha menjelaskan, pihaknya telah mengajukan APD ke Kemendagri, namun sampai sekarang belum ada kejelasan dari pemerintah pusat untuk pembelian APD.

Thoha juga mengingatkan, agar partai politik (Parpol) yang mengusulkan bakal calon pasangan kepala daerah untuk mentaati aturan yang berlaku seperti seluruh Parpol yang menyatakan dukungan terhadap pasangan bakal calon harus ikut mengantarkan bakal calon ketika mendaftar ke KPU.

Setiap Parpol yang mengusulkan haruscdihadiri Ketua dan Sekretaris. Namun, apabila sekretaris berhalangan, boleh diwakilkan dengan menyertakan surat rekomendasi yang bisa dipertanggungjawabkan, katanya.

Thoha menambahkan, protokol pencegahan Covid-19 juga diterapkan KPU pada hari pendaftaran Bacalon Pilkada Balikpapan 2020, seperti menyediaan sabun cuci tangan, hand sanitizer dan masker

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengungkapkan, pihaknya berharap pilkada dapat berjalan lancar dan aman.

Harapan kita tentunya pilkada 9 desember mendatang berjalan lancar dan aman,harap Wali Kota. (Diskominfo editor:mgm)