Hari Pahlawan Walikota Ingatkan Agar Tak Lupa Jasa Pahlawan Covid19

Balikpapan - Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kota Balikpapan digelar di Taman Makan Pahlawan, Balikpapan Selasa (10/11/2020). Upacara dimulai tepat pukul 08.15 wita dengan Inspektur Upacara Wali Kota Balikpapan H.M. Rizal Effendi. Kegiatan ini diikuti Forkopimda, perwakilan masyarakat, veteran, dan tokoh pemuda. 

Acara diawali dengan mengheningkan cipta selama 1 menit, disusul peletakan karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan Balikpapan dan doa. Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle mewakili prosesi tabur bunga di pusara makam pahlawan.

Wali Kota Balikpapan H.M. Rizal Effendi mengungkapkan peringatan Hari Pahlawan tahun ini berbeda dari sebelumnya. Sebab saat ini terdapat banyak pahlawan yang telah berjuang untuk menyelamatkan Tanah Air dari pandemi virus corona (covid-19).

"Tentu kita juga tak bisa melupakan jasa pahlawan Covid 19, ada almarhum dokter Sriyono dan dokter Djailani, kita tentu tak bisa melupakan jasa jasanya melawan pandemi Covid-19," kata Rizal.

"Pengertian pahlawan bisa bersifat sangat luas. Bukan hanya berani berperang membela negara, namun juga sumbangsih yang diberikan seseorang untuk membantu orang lain juga bisa dianggap sebagai pahlawan. Saat ini petugas maupun relawan medis merupakan pahlawan yang tengah berjuang menyelamatkan bangsa dari pandemi covid-19," sambung Wali Kota.

Peringatan Hari Pahlawan juga diisi dengan berziarah ke makam almarhum Tjutjup Suparna yang meninggal 2019 lalu. (Diskominfo editor:mgm)