Wali Kota Saksikan Penyuntikan Vaksin Covid Pertama untuk Presiden

Wali Kota Balikpapan, HM Rizal Effendi menyaksikan penyuntikan vaksin Covid-19 pertama di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/1/21) pagi di VIP Room Kantor Wali Kota Balikpapan melalui live streaming. 

Presiden Joko Widodo disuntik vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac Life Sciences Co.Ltd China dan PT. Bio Farma (Persero). Vaksin jenis inilah yang telah dikirim ke daerah-daerah untuk proses vaksinasi secara serempak. 

Presiden menjadi orang pertama mendapat suntikan vaksin COVID-19 di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 yang digunakan aman. Sebab, vaksin itu telah melalui uji klinis tidak hanya sekali. Vaksin Corona Sinovac secara resmi juga telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Selain itu MUI beberapa waktu lalu juga telah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin COVID-19 halal dan suci. 

Vaksin Sinovac tiba di Indonesia dalam dua tahap, pertama pada Desember 2020 lalu sebanyak 1,2 juta dosis. Kemudian tahap kedua, vaksin kembali diterima pada Januari 2021 sebanyak 1,8 juta dosis. 

Saat ini vaksin telah didistribusikan ke tiap-tiap provinsi se Indonesia dan akan disuntikkan serentak dimulai dari Ibu Kota Provinsi dan daerah berbatasan dengan ibu kota provinsi. 

Kota Balikpapan sendri rencananya akan melaksanakan vaksin pada Februari mendatang. Sebanyak  11.560 vaksin bagi 5.759 orang ditambah 10 orang pejabat esensial seperti Gubernur, DPRD, Sekda, Direktur Rumah Sakit rujukan, dan Kepala Dinas Kesehatan. Jatah Kota Minyak ini akan masuk pada distribusi tahap 1 termin 2 Februari 2021. (diskominfo/ahc/editor:mgm)