HUT Ke-124 Kota Balikpapan Akan Dilaksanakan Sederhana dan Terapkan Prokes Ketat

BALIKPAPAN - Tak lama lagi Kota Balikpapan akan merayakan hari jadinya yang ke-124. Yang membedakan dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2021 ini Kota Beriman harus merayakan HUT-nya di tengah Pandemi Covid-19.

Hal ini tentunya membuat kegiatan akan berbeda dan lebih terbatas. Ketua Panitia HUT Kota, Muhaimin MT mengatakan, pihaknya sedang melakukan persiapan. Diakuinya kegiatan tidak akan semeriah perayaan terdahulu.

"Masing-masing ketua yang membidangi sedang melakukan persiapan. Mulai persiapan Rapat Paripurna Istimewa, upacara dan syukuran, juga warga berprestasi dan pelopor," sebut Muhaimin diwawancarai Kamis (21/1/21).

Sejauh ini ada sekira 32 orang yang diajukan sebagai warga pelopor. Kemudian 22 orang diajukan sebagai warga berprestasi. Juga ada penghargaan khusus untuk beberapa orang. 

Untuk pelaksanaannya, Muhaimin menjelaskan, jika biasanya rapat paripurna mengundang lebih dari 300 orang, maka tahun ini  hanya berkisar 100 sampai 150 orang saja. 

Lokasi acara juga disesuaikan agar bisa memenuhi standar jarak dan sirkulasi udara. "Makanya kemungkinan tidak kita laksanakan di aula Kantor Pemkot (Pemerintah Kota), tapi di Dome" ungkapnya. 

Sehingga dalam pelaksanaannya nanti undangan terbatas dan tempatnya luas. Ini demi menerapkan standar protokol kesehatan (prokes) secara maksimal, termasuk menjaga jarak. 

"Tahun ini sangat sederhana dan kami menyesuaikan dengan kondisi pandemi. Jadi kami juga sesuaikan dengan anggaran masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah)," terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan ini. 

Untuk jadwalnya, direncanakan pada 8 Februari akan dilaksanakan Rapat Paripurna Istimewa. Lalu tanggal 10 dilaksanakan upacara hari jadi dilanjutkan dengan syukuran. 

"Acara dijadikan satu dan semua kami laksanakan di Dome. Jadi untuk acara ini kami pilih dilaksanakan di dome karena hadirin maksimal 250 orang," imbuhnya.

Upacara maupun syukuran tersebut direncanakan akan digelar di halaman BSCC Dome, Balikpapan Selatan. "Jadi teknisnya kami laksanakan di lapangan, tapi jika hujan bisa berteduh di dalam," tuturnya.

Selain itu nantinya juga akan ada peluncuran Mal Layanan Publik dari Dinas Perizinan. Nanti juga sekaligus penyerahan penghargaan untuk warga pelopor dan berprestasi. Nantinya juga akan ada penghargaan khusus untuk orang-orang yang peduli terhadap pencegahan Covid-19.

"Kami laksanakan sederhana karena juga melihat keadaan pandemi Covid yang belum usai. Situasi kasus juga sedang tinggi. Semoga nanti bisa melandai," tandansya. (diskominfo/ ahc/editor:mgm)