Jumat Besok Pedagang Pasar Pandansari Akan Divaksin

BALIKPAPAN - Jumat (5/3/21) besok rencananya akan dilaksanakan vaksinasi di pasar Pandansari, Balikpapan Barat. Pemerintah Kota Balikpapan telah menyiapkan 310 dosis vaksin Covid-19 bagi pedagang pasar Pandansari.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan, Jumlah dosis yang diperuntukkan bagi pedagang pasar Pandansari ini lebih sedikit jika dibanding dengan pasar Klandasan.

Namun, apabila target vaksin Covid-19 pada pasar tersebut tidak tercapai, maka akan diberikan kepada pedagang yang berada di luar area pasar. "Jika target tak tercapai dan masih ada sisa vaksin, maka akan diberikan kepada para pedagang yang berada di luar pasar," katanya, Rabu (3/3/2021).

Hal itu berkaca dari pengalaman sebelumnya. Target pencapaian vaksinasi pada pedagang pasar Klandasan tak tercapai. Sehingga, pemberian vaksin Covid-19 pun dialihkan kepada pedagang yang berada di sekitar area pasar tersebut.

“Mereka tinggal datang ke Puskesmas Klandasan selama memang sebagai pedagang,” terangnya.

Sementara itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Pandansari menyambut baik pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pedagang. Sejumlah persiapan pun bakal dilakukan oleh petugas UPT Pasar Pandansari dengan menggencarkan sosialisasi terkait vaksinasi Covid-19.

Kepala UPT Pasar Pandansari, Sahrudin mengatakan, dengan vaksin pedagang akan kebal dan terlindungi dari paparan Covid-19. Apalagi, pedagang yang berjualan di dalam pasar setiap harinya berinteraksi langsung dengan masyarakat.

"Karena setiap hari banyak berinteraksi kepada pengunjung pasar yang akan berbelanja membeli kebutuhan sehari-hari," pungkasnya.(diskominfo/ cha/editor:mgm)