Pendaftaran Vaksin bagi Lansia Dibuka, Jangan Khawatir Tak Kebagaian

BALIKPAPAN - Vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) dilaksanakan mulai Minggu (7/3/21) di Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome. Untuk tahap pertama vaksinasi bagi warga kelompok lansia ini menyasar 400 orang.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengungkapkan, pelaksanaan vaksin untuk lansia tersebut dibuka dari jam 8.00 sampai dengan jam 16.00 Wita. Terkait dengan pelaksanaannya, Dinas Kesehatan Kota (Dinkes) Balikpapan juga telah menyiapkan fasilitas kesehatan (faskes).

Ia berharap, realisasi vaksin lansia ini bisa mencapai 400-an orang. Meski ini masih sekitar 10 persen karena jumlah lansia di Balikpapan ada lebih dari 46.000. "Selanjutnya nanti akan kita bagi baik di pusat pelayanan kesehatan kita di Puskesmas di rumah sakit dan beberapa tempat lainnya," ungkap Wali Kota (7/3/21).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran warga lansia ini dilakukan secara bertahap, karena lansia menjadi prioritas juga setelah petugas kesehatan dan pelayanan publik berjalan lancar.

“Kami juga mengingatkan kepada para lansia yang akan divaksin, kalau punya penyakit khusus kalau bisa dilakukan konsultasi dulu kepada dokter hingga nanti datang ke tempat vaksinasi sudah bisa lebih cepat pelayanannya,” terangnya.

Ia juga meminta masyarakat, terutama lansia agar tak khawatir bagi yang belum divaksin. Pasalnya Selasa (9/3/21) nanti vaksin lansia akan berlanjut. Sehingga, saat ini dibuka pendaftaran. "Selasa di seluruh fasilitas kesehatan. Tak masalah yang belum. Ini dibuka terus," katanya.

Kegiatan ini berlaku bagi seluruh masyarakat, karena target vaksinasi Kota Balikpapan adalah bagi seluruh warga. Kendati prosesnya bertahap karena vaksin yang datang pun bertahap. "Karena pelayanan publik, pasar, tokoh agama, bahkan TNI Polri pun masih banyak yang belum," jelasnya

Ditambahkan Kepala Dinkes Balikpapan, Andi Sri Juliarty, di hari pertama vaksin lansia ini hanya di gedung BSCC Dome dan bersifat undangan. "Tiap Lurah membawa pengawalan 10 lansianya jadi semua sudah berbagi di semua kelurahan diwakili oleh 10 lansia dulu dan dari organisasi kelompok-kelompok sosial lainnya,” teraung dokter Dio.

Dio, sapaannya, mengimbau agar para lansia melakukan pendaftaran melalui web vaksinasi. "Balikpapan memiliki aplikasi sendiri khusus vaksinasi lansia, yaitu, www.vaksinasi.balikpapan.go.id/lansia. Disitu silakan mendaftar,” imbuhnya. (diskominfo/ cha/editor:mgm)