Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Balikpapan Juara Pertama di Dua Kategori

BALIKPAPAN - Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 dirangkai Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), dan pembukaan Rakerda ke VI TP PKK Tahun 2021 dilaksanakan Senin (5/4/21) secara virtual.

Pengurus LPM dan Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan hadir di Aula Kantor Pemerintah Kota (Pemkot), dihadiri Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud.

Ketua TP PKK Kalimantan Timur Noor Baiti Isran Noor membacakan sambutan Ketua TP PKK Tri Tito Karnavian. Ia mengatakan bahwa pengelolaan PKK bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Memasuki 49 tahun keluarga menjadi pelopor perubahan untuk Indonesia maju. Tim dan kader PKK di pelosok Nusantara jadi garda terdepan untuk membentuk keluarga," ungkapnya.

Terutama sejak adanya pandemi Covid-19, PKK menjadi salah satu yang mensosialisasikan kebiasaan mencuci tangan dan menerapkan protokol kesehatan.

"Sejak awal pandemi sosialisasi dilakukan termasuk penggunaan masker," katanya.

Pelaksanaan pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah menuju Indonesia maju masih harus berhadapan dengan isu degradasi moral, tingginya angka stunting, covid dan lainnya.

"Ini menegaskan bahawa program PKK sebagai mitra pemerintah harus bersinergi dengan prioritas program dan kegiatan nasional," terangnya.

Selain itu usai Pilkada Serentak 2020 ia mengajak agar pergantian kepala daerah baru tak berpengaruh pada program PKK. "Mari kita tetap laksanakan komitmen dan dedikasi untuk kemajuan PKK," katanya.

Sementara Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud mengatakan, kegiatan peringatan HKG PKK ini disyukurinya karena selama ini TP PKK Balikpapan terus menerima Panji-panji Keberhasilan.

"Mulai 2017, 2018, 2019. Untuk 2020 kan tidak ada karena Covid-19. Harapannya tahun ini diadakan lagi dan semoga bisa mendapatkan juara umum lagi," ungkap Nurlena.

PKK Balikpapan juga disebutkan mendapat dua penghargaan juara pertama, yakni busana dan tertib administrasi. "Tapi kategori lain juga mendapat juara tiga harapan," ujarnya

Ia berharap, PKK Balikpapan terus mempertahankan prestasi yang selama ini diraih. Tak hanya PKK, ia ingin manfaat juga sampai pada masyarakat Balikpapan.

Ia juga berpesan bagi masyarakat Balikpapan, ia ingin warga bekerja sama dengan PKK. Agar semua program terus didukung dan diimplementasikan.

"Kalau bersinergi pencapaian Balikpapan akan lebih baik lagi," pungkasnya. (diskominfo/ cha/mgm)