Senin Ini Mulai Dilakukan Simulasi PTM SD dan SMP


BALIKPAPAN - Siswa SD dan SMP akan menjalani pembelajaran tatap muka (PTM) mulai hari ini, Senin (24/5). Kegiatan simulasi ini akan berjalan selama momen ujian sekolah dan penilaian akhir tahun (PAT). Rencananya akan dilaksanakan sepekan ke depan, sampai 31 Mei 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muhaimin mengungkapkan, pelaksanaan simulasi pada 24 Mei untuk siswa SMP kelas VII dan VIII. Sedangkan untuk siswa SD kelas I dan II pada 4 Juni.

Nantinya, penilaian dari PTM ini yang akan dimuat dalam rapor. "Seluruh sekolah menggelar simulasi mengikuti jadwal tersebut. Totalnya sekitar 200an, baik SD dan SMP," terangnya, Minggu (23/5/21). 

Penerapan protokol kesehatan akan tetap terjaga dan tak perlu dikhawatirkan. Mengingat siswa yang masuk ke sekolah hanya sebagian dan kelas tertentu. "Daya tampung hanya 30 persen dari kapasitas normal," sebutnya.

Dengan begitu ada siswa yang masuk, sementara yang lain libur. Sekolah tinggal mengatur jam masuk agar protokol kesehatan tetap terjaga maksimal. Misalnya jumlah siswa per kelas hanya terisi 50 persen dari kapasitas ruangan.

Ditambahkan, Kabid Pendidikan Sekolah Dasar Disdikbud Triyuni Astuti, sekolah menggelar tiga kegiatan yakni ujian sekolah, PAT, dan simulasi asesmen kompetensi minimum (AKM). "Paling penting ujian sekolah karena pesertanya siswa kelas VI" sebutnya.

Ujian sekolah ini berlangsung pada 24, 25, 27, 28, dan 31 Mei. Siswa akan melewati 9 mata pelajaran dalam ujian sekolah. Orangtua tetap bisa memilih ingin ujian luar jaringan (luring) atau dalam jaringan (daring).

"Kebanyakan orangtua meminta daring, tapi bagi yang luring juga silakan, asal menjaga protokol kesehatan," tuturnya.

Berbeda dengan ujian sekolah, PAT untuk siswa kelas I sampai IV SD, jadwal kegiatan pada 2, 3, 4, 7, dan 8 Juni. Seluruh infrastruktur untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini juga sudah disiapkan.

Selain itu, sekolah juga mempersiapkan pelaksanaan PPDB. Tahun ini tetap dilakukan daring, rencananya berlangsung pada 16 - 25 Juni. (diskominfo/ cha/mgm)