Pembukaan Formas 2021 Sekaligus Pelantikan Pengurus Kormi 2021-2025

BALIKPAPAN - Pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat (Formas) 2021 sekaligus pelantikan pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyakarakat Indonesia (Kormi) 2021-2025 dilaksanakan Sabtu (29/5/21) di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan.

Acara ini diselenggarakan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan mulai hari ini hingga 30 Mei besok. Mengusung tema "Memasyarakatkan Olahraga di Era Pandemi, Membangun Imunitas Sosial", ini adalah upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat tetap berolahraga.

Dalam sambutannya, Kepala DPOP Kota Balikpapan, Doortje Marpaung menyampaikan, bahwa kegiatan ini masih rangkaian HUT Ke-124 Kota Balikpapan. Diakuinya kegiatan Formas sempat tertunda lantaran penyelenggaraannya di era pandemi.

"Di penghujung masa jabatan bapak wali kota terus mendukung kegiatan ini. Saya sampai terharu. Ini adalah yang pertama kali kita laksanakan, terimakasih pak wali untuk support-nya terhadap kami," ungkap Doortje.

Dalam festival ini dihadirkan pula Woman Internasional Master kebanggaan Kota Balikpapan, Chelsea Monica Ignesias Sihite. *Perutnya* ini juga support dari Wali Kota Rizal Effendi. "Ide dari pak wali untuk menghadirkan," katanya.

Formas dikemas yang pertama ini, diakui Doortje terpaksa dikemas online dan offline, karena kondisi Covid-19. Saat pembukaan juga dilaksanakan lomba tari tradisional di Balikpapan Trade Center.

"Di tennis stadium juga kami dibantu rekan Dinas KUMKMP agar peserta dan pelatih tidak kesulitan dalam mencari konsumsi. Ada juga UMKM difabel terlibat," ungkapnya.

Pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan juga tetap menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Satgas Covid Kota juga telah merekomendasikan jumlah maksimal dalam tiap kegiatan.

Pada kesempatan tersebut sekaligus dilaksanakan pelantikan Kormi yang diketuai Ali Munsjir. "Nanti dilatih oleh provinsi. Juga akan ada eksibisi di lobi Kantor Pemkot Balikpapan, Chelsea melawan pejabat Forkopimda yang berkenan. Selain itu juga akan ada satu atau dua orang anak difabel yang bertanding melawan Chelsea," terangnya.

Akan ada lima cabang olahraga (cabor) dengan dua belas nomor tanding yang akan dipertandingkan pada festival ini. Mulai dari catur, senam, traditional dance sport, tenis meja dan atraksi sepeda BMX.

Khusus untuk senam dan dansa, Dortje menyebut akan berlangsung online. Peserta wajib mengirimkan video lomba kepada panitia. Para pemenang akan berkesempatan mendapatkan hadiah dengan total Rp47 juta.

Sementara, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan, selain Chelsea, juga menghadirkan anak-anak berbakat di olahraga catur, Larasati dari SMP KPS dan Riduan dari Sekolah Olahraga.

"Di akhir masa jabatan saya, saya bahagia Chelsea, pecatur internasional bisa hadir. Selamat pada Chelsea dan ibunya. Kami senang. Kami bangga," katanya.

Menurutnya olahraga ditekuni dengan baik, maka berpotensi menjadi profesi. Apapun olahraganya, jika tekun dan berprestasi akan sangat baik.

"Saya juga berterima kasih kepada bu Doortje yang telah mengembangkan pekan olahraga rekreasi masyakarakat. Juga pelantikan pak Ali Munsjir, selamat," ucapnya.

Apapun olahraganya, lanjut dia, sangat baik dikembangkan di masa pandemi. "Karena dengan begitu bisa membantu meningkatkan imunitas dari virus Covid," tandasnya. (diskominfo/ cha/mgm)