Wali Kota Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan Presiden Secara Virtual

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual Selasa pagi (01/6/21) di VIP Room Kantor Wali Kota Balikpapan. Sebagai inspektur upacara, Presiden RI Joko Widodo.

Dalam amanatnya, Presiden mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu.

Juga bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju. Menurut presiden, momen Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara.

"Hal ini harus dilakukan karena tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan, walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan bangsa sepanjang Republik Indonesia ini berdiri," kata Presiden Joko Widodo.

Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Sehingga rakyat Indonesia harus waspada terhadap peningkatan rivalitas dan kompetisi. "Termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antarnilai-nilai, dan rivalitas antarideologi," ungkapnya lagi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi. Revolusi Industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, dalam berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

Karenanya, untuk menghadapi semua ini, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama Revolusi Industri 4.0.

"Pancasila juga harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an," tegasnya.

Sementara, berkaitan dengan momentum Hari Lahir Pancasila ini, Wali Kota Rahmad Mas'ud berharap seluruh lapisan di Pemerintah Kota Balikpapan mampu memberikan sinergitas yang baik dalam meningkatkan pelayanan bagi warga kota Balikpapan.

"Tentunya sesuai dengan nilai-nilai yang tertuang dan tersirat dalam Pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara," katanya.

Ia juga mengungkapkan, Pancasila merupakan ideologi atau landasan bangsa Indonesia. Ini sangat penting untuk dipertahankan karena merupakan alat pemersatu bangsa. "Terlebih kita dari berbagai suku dan agama. Pancasila ini penting untuk ditanamkan bagi anak-anak kita," ucapnya. (diskominfo/ cha/mgm)