Pemkot Balikpapan Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Gunung Bugis

BALIKPAPAN - Kejadian kebakaran di RT 23 dan 4, kawasan Gunung Bugis, Kelurahan Baru Ulu yang terjadi Sabtu (5/6/21) malam ditindaklanjuti dengan tinjauan langsung oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud di posko bencana yang berlokasi di halaman masjid Al Ula keesokan harinya.

Wali Kota hadir bersama Sekretaris Daerah, Asisten Tata Pemerintahan, Kepala BPBD, Kepala Satpol PP, dan Bagian Umum dan Perlengkapan. Dalam kesempatan itu Wali Kota menyerahkan bantuan sembako dan selimut kepada perwakilan warga korban kebakaran.

Bantuan sembako dan selimut berasal dari Sinas Sosial Kota Balikpapan. "Ada BPBD dan Dinas Sosial untuk bantu masyarakat dalam hal ini kita sudah bangun posko. Bagi yang mau tinggal disediakan posko dari pemerintah kota,” ungkapnya Minggu (6/6/21).

Sementara untuk bantuan uang sewa, dilakukan pendataan korban pihak kelurahan untuk sewa rumah. Ia juga mempersilakan bagi masyarakat yang memiliki kepedulian untuk datang ke posko bencana tersebut.

"Saya terimakasih pada ketua LPM. Untuk korban ada yang mengungsi disini tapi lebih banyak mengungsi ke rumah saudara,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingat warga dan petugas posko untuk tetap mengerapkan prokes. "Tetap gunakan masker ya pak," pesan wali kota saat menyerahkan bantuan.

Sementara, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Sayid MN Fadli mengungkapkan, bantuan untuk keluarga korban meninggal dunia, berupa uang sekira Rp5 juta yang dapat digunakan untuk penguburan dan fardu kifayah.

"Kalau korban lain akan mendapatkan bantuan seperti sembako, selimut, dan lainnya dari Dinas Sosial. Nanti kita data lagi, mereka akan mendapatkan bantuan uang sewa rumah dan seragam anak sekolah. Sumbernya dari dana bantuan tak terduga," ungkap sekda.

Ia juga mengimbau masyarakat yang peduli
untuk datang ke posko memberikan bantuan. Namun bantuan yang diberikan juga mestinya yang dibutuhkan. "Seperti sembako, pakaian layak pakai, alat masak," katanya. (diskominfo/ cha/mgm)