Raih Juara I di Tingkat Provinsi, Sumberejo Persiapkan Maju di Nasional Regional III

BALIKPAPAN - Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Balikpapan Tegah, Kota Balikpapan, berhasil menjuarai lomba desa/ kampung dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2021. Dengan kategori kelurahan.

Kelurahan Sumberejo berhasil berada diperingkat teratas, disusul Kelurahan Guntung, Kota Bontang, dan Kelurahan Dadi Mulya, Kota Samarinda. Selanjutnya Kelurahan Sumberejo akan mewakili lomba desa dan kelurahan tingkat nasional tahun 2021 untuk regional III Kalimantan Sulawesi.

Kabag Pemerintahan Setdakot Balikpapan, Sayid Muhdar mengungkapkan, Balikpapan berhasil keluar menjadi juara karena memang memiliki data lengkap yang dikirimkan ke provinsi.

"Yang paling utama adalah keunggulan dan inovasi. Ada beragam inovasi, bahkan inovasi ini berhasil membawa tamu-tamu dari berbagai instansi," katanya Kamis (8/7/2021).

Inovasi yang paling banyak dikenal luas yaitu Kangkung Sumberejo (Kang Bejo). Ini jadi salah satu yang membawa Sumberejo menjadi juara.

"Untuk persiapan tingkat nasional regional III, kami sudah kirimkan berkas kepusat. Termasuk video dan lainnya. Nanti Agustus ada paparan via virtual dan seleksi administrasi," sebutnya.

Selanjutnya akan diumumkan tiga besar dan dilakukan verifikasi lapangan. Ia berharap Balikpapan bisa kembali menjadi yang terbaik seperti 2019 lalu. Yang mana saat itu Kelurahan Teritip keluar sebagai juara.

"Nah di 2020 kan tidak ada lomba semacam ini. Kami melihat Kelurahan Sumberejo bisa menunjukkan banyak keunggulan," kataya.

Ditambahkan Lurah Sumberejo, Umar Adi, berhasilnya kelurahan Sumberejo sebagai juara lomba ini melibatkan peran berbagai pihak. Mulai dari organisasi perangkat daerah (OPD), lembaga kemasyarakatan Kelurahan Sumberejo, Kabag Pemerintahan, Ketua LPM Sumberejo, Camat Balikpapan Tengah, dan PKK Kelurahan.

"Semua persiapan Alhamdulillah sudah selesai. Dari provinsi juga sudah melakukan pembinaan terhadap Kelurahan kami pada tanggal 23 dan 24 Juni," jelasnya.

"Untuk video profil kelurahan Sumberejo yang jadi persyaratan administrasi untuk seleksi 6 besar sudah diselesaikan dan sudah diunggah dan kirim dengan kerja sama dengan diskominfo," jelasnya.

Beberapa hal yang disampaikan adalah gambaran umum tentang Kelurahan Sumberejo, kegiatan lembaga kemasyarakatan, inovasi kelurahan, inovasi dalam pelaksanaan penanggulangan Covid-19, dan e-government. (diskominfo/ cha/mgm)