Wali Kota Tinjau Pembagian BST Kemensos di Kecamatan Balikpapan Utara

BALIKPAPAN - Wali Kota Rahmad Mas'ud pada Jumat (30/7/2021) kemarin meninjau lokasi pembagian bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian di Kecamatan Balikpapan Utara. Bantuan tersebut disalurkan oleh Pos Indonesia Balikpapan bagi warga Kelurahan Muara Rapak.

Kepala Kantor Pos Balikpapan, Taufik Dadi mengungkapkan, bantuan kemensos ini dibagikan dalam dua pola. Pertama BSD secara tunai berupa uang Rp600 ribu dan beras 10 kilogram.

Kemudian ada juga bantuan sosial beras yang diberikan untuk pendamping PKH. Keduanya dibagikan secara bersamaan kemarin. "Kami berharap percepatan keduanya bisa jalan bersama," katanya.

Untuk warga Muara Rapak sendiri ada 514 penerima manfaat. Jadwal penyaluran mulai dari pukul 09.00 sampai 12.00 Wita. "Data penerima ini berasal dari Kementerian Sosial, kami salurkan," katanya.

Jumlah penerima bantuan Kemensos di Balikpapan mencapai 13 ribu KK. Sementara kemarin, ada beberapa penyaluran di kota Balikpapan yang penerimanya mencapai 4 ribuan KK di beberapa titik.

Sementara untuk bantuan dari pemerintah kota, lanjut dia, saat ini ada 14 ribu data yang sudah masuk. "Kami usahakan penerima mencapai 50 ribu KK," sebut Taufik.

Sementara yang sudah dipanggil pada tahap 1 ini ada 14 ribu KK dan akan segera dibayarkan.

"Jadi di sementara ini, 14 ribu yang dibayarkan duluan sambil menunggu data tambahan dari dinas sosial. Kemarin sementara yang kami bagikan mencapai 100 KK. Jadwal sudah kami buat dan akan segera bergerak ke lokasi penerima," terangnya. (diskominfo/ cha/mgm)