Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda, Presiden Jokowi Juga Tinjau Vaksinasi di Balikpapan

BALIKPAPAN - Presiden Joko Widodo pada Selasa (24/2021) tiba di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk melakukan kunjungan kerja. Presiden mendarat di Bandara APT Pranoto, Samarinda dan disambut Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, dan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak.

Mengawali agenda kerja di Provinsi Kalimantan Timur, Presiden menuju SMPN 22 Kota Samarinda untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar. Setelah itu, Presiden menuju Kantor Gubernur Kalimantan Timur untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Kalimantan Timur.

Selanjutnya, Presiden menuju Kota Balikpapan melalui jalan tol Balikpapan-Samarinda. Ia meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samboja (Seksi 1 dan Seksi 5).

Dengan beroperasinya dua seksi terakhir tersebut, maka jalan tol Balikpapan-Samarinda yang merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut akan beroperasi secara penuh.

"Ini capaian yang patut kita syukuri karena kita ingin pembangunan infrastruktur itu tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja atau di Pulau Sumatra tapi juga merata ke pulau-pulau yang lain," ujar Presiden Jokowi, sapaan Presiden Joko Widodo.

Dirinya berharap keberadaan jalan tol ini dapat membantu menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Kalimantan Timur dan juga memperbaiki jaringan logistik yang lebih efektif dan efisien.

"Sehingga akan memperbaiki daya saing kita, utamanya komoditas-komoditas yang diproduksi di Provinsi Kalimantan Timur sehingga akses semakin lancar dan bisa menurunkan biaya logistik," imbuhnya.

Selain itu, keberadaan jalan tol sepanjang 97,27 Km tersebut juga diyakini akan membantu meningkatkan daya saing produk-produk ekspor yang dimiliki Provinsi Kalimantan Timur.

"Sehingga menjadikan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur semakin efisien dan semakin kompetitif," ucap Presiden.

Untuk diketahui, jalan tol Balikpapan-Samarinda terbagi menjadi lima seksi, yakni Seksi 5 Ruas Manggar-Karang Joang (10,74 km), Seksi 1 Ruas Karang Joang-Samboja (21,66 km), Seksi 2 Ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi 3 Ruas Muara Jawa-Palaran (17,30 km) dan Seksi 4 Palaran-SS Mahkota II (16,59 km).

Pada sore harinya, Kepala Negara Republik Indonesia ini menuju Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat.

Penyuntikan vaksin di Sentra Vaksinasi Balikpapan itu menyasar pelajar dan mahasiswa, pemuka agama, difabel dan masyarakat umum.

Dalam kunjungan ini presiden mendapatkan penjelasan singkat dari Wali Kota Balikpapan serta Gubernur Kaltim mengenai program vaksinasi di Balikpapan.

Wali Kota Rahmad Mas'ud sebelumnya menyatakan, jika dapat berkomunikasi langsung dengan presiden ia akan menyampaikan mengenai penanganan COVID-19 Balikpapan. "Salah satunya terkait apa saja dibutuhkan, yaitu harapan Balikpapan dan Kalimantan Timur bisa mendapatkan vaksin 100 persen," kata wali kota.

Di Dome, presiden didampingi Menhan Prabowo, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur Kaltim Isran Noor, dan Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud. (diskominfo/ cha/mgm)