1.310 PJU Terpasang, Masuk Masa Uji Coba

BALIKPAPAN - Sebanyak 1.310 penerangan jalan umum (PJU) telah terpasang di sejumlah titik Kota Balikpapan. Semuanya juga telah menyala dan dapat difungsikan masyarakat Balikpapan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana menyampaikan, pemasangan tersebut dilaksanakan sejak 3 September 2021.

Saat ini, lanjut dia, akan memasuki masa ujicoba. Masyarakat diminta untuk melaporkan jika di wilayahnya ada PJU yang tidak menyala.

“Ada masa perawatan. Tinggal masyarakat kalau misalnya ada yang mati atau ada laporan untuk kemudian kita perbaiki. Kan ini masa percobaan,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata dia, Dinas Perhubungan tinggal menunggu evaluasi dari Inspektorat maupun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Selanjutnya evaluasi dari Inspektorat dan BPK untuk pemeriksaan,” ucapnya.

Untuk diketahui, di tahun 2021 ini pengadaan PJU dilakukan sesuai komitmen Walikota Balikpapan dalam program kerjanya. Sejumlah lokasi jalan yang menjadi prioritas untuk pemasangan PJU yakni Jalan Soekarno Hatta dari Km 0 sampai Km 1,5.

Selain itu juga median jalan di beberapa titik Jalan MT Haryono, Terminal Damai, Balikpapan Baru yang sudah dilimpahkan asetnya ke Pemkot Balikpapan.

Kemudian, Jalan Kilometer 5 Kariangau, Pelabuhan Feri, Jalan Transat Kilometer 8, Jalan Proklamasi TPA dan Jalan Kilometer 13 menuju Institut Teknologi Kalimantan (ITK). (diskominfo/ cha/mgm)