Sekolah di Balikpapan Laksanakan Simulasi AKN

BALIKPAPAN - Dinas Pendidikan Kota Balikpapan menggelar simulasi Asesmen tatap muka di sejumlah sekolah. Simulasi ini dalam rangka kegiatan asesmen nasional berbasis komputer atau Asesmen Kompetensi National (AKN).

Sebanyak 83 SMP mengikuti kegiatan asesmen ini, dengan jumlah 3018 peserta simulasi. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Muhaimin.

“Senin lalu seluruh SMP di Kota Balikpapan melaksanakan simulasi. Kemudian untuk selanjutnya kelas 5, juga melakukan simulasi AKN” katanya, Rabu (15/9/2021).

Ia menjelaskan, untuk tingkat SMP, pihaknya membatasi jumlah peserta didik yang terlibat dalam pelaksanaan simulasi. Sebanyak 45 siswa dengan 5 siswa cadangan yang duduk di bangku kelas 8, terbagi ke dalam dua sesi mulai tanggal 13 sampai tanggal 17 September 2021.

Sedangkan untuk tingkat SD, dibatasi sebanyak 35 siswa kelas 5 yang dilaksanakan mulai tanggal 14 - 15 September 2021 di tiga wilayah dan 16 - 17 September 2021 di tiga wilayah.

“Asesmen kompetensi nasional ini merupakan pengganti ujian nasional yang sudah mulai diberlakukan nanti, makanya kita lakukan simulasi sekarang," jelasnya. (diskominfo/ cha/mgm)