TP-PKK Bagikan Bibit untuk Kelurahan dan Ajak Masyarakat Tanam Sayur di Halaman

BALIKPAPAN - Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan menginisiasi Gerakan Serentak Menanam Sayur di Halaman sebagai upaya mendukung "Aku Hatinya PKK" atau amalkan dan kukuhkan halaman asri, teratur, indah dan nyaman. Kegiatan ini dibuka Ketua TP-PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud, Jumat (22/10/2021).

Ini sebagai gerakan agar warga Kota Balikpapan dapat melakukan gerakan menanam sayur di halaman atau pekarangan rumah masing-masing. Nantinya PKK akan membagikan bibit kepada kelurahan untuk disebarkan kepada masyarakat.

Ketua TP-PKK Nurlena Rahmad Mas'ud mengatakan, ide ini bercermin dari program yang sebelumnya berjalan di Kelurahan Damai Bahagia. Dia melihat, lantaran kondisi pandemi, lahan tanaman di sana kurang terawat.

"Belajar dari itu, saya ingin bagaimana setiap ada kegiatan semestinya harus berkesinambungan. Jangan sampai gerakan yang pernah ada selama ini hanya wacana. Padahal kader-kader PKK sudah mendapat banyak bibit dan kesempatan, namun tidak melaksanakan," ungkapnya.

TP-PKK memulai gerakan serentak menanam sayur, yang diharapkan dapat membuat masyarakat ikut melakukan hal serupa. Ia juga menjelaskan, ada banyak manfaat dengan menanam sayur di halaman rumah.

"Diantaranya tentu meringankan beban keluarga hingga ikut menekan inflasi. Ini semua belajar dari kasus harga cabai yang sempat melambung beberapa waktu lalu.
Namun kondisi mulai terbantu karena ada hasil produksi dari warga yang menanam cabai sendiri," terangnya.

Kegiatan tersebut bahkan juga mendapat apresiasi dari Bank Indonesia. “Mereka melihat masyarakat di Balikpapan peduli dan mau menanam sendiri secara gotong royong,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan tersebut bisa terus menerus dan berkesinambungan, tidak berhenti. Apalagi pihaknya telah mendapat bantuan bibit dari berbagai pihak, diantaranya Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DPPP) dan Bank Mandiri.

Ia berharap nantinya kelurahan punya pembibitan. Karena ia berkeinginan, jika warga atau kader saat tidak memiliki atau butuh bibit dapat mengambil melalui kelurahan.

"Mulai hari ini (kemarin), kami akan melakukan pembibitan,” sebutnya.

TP-PKK Balikpapan sudah membagikan bibit tanaman ke 18 kelurahan di Kota Beriman. Sebelumnya kelurahan lain sudah mendapat bantuan bulan lalu.

Teknisnya nanti dari kelurahan menunjuk RT mana saja yang mempunyai lahan tidur atau tidak terpakai. Sehingga mereka bisa memanfaatkan lahan kosong sementara untuk gerakan menanam sayur tersebut. Kemudian PKK akan memantau RT mana saja yang ditunjuk oleh kelurahan.

Bibit tanaman yang diberikan mulai dari cabe, jahe, kunyit, dan sebagainya. Nurlena meyakini kegiatan ini bisa berlanjut caranya dengan pemantauan rutin setiap 3 bulan. Pihaknya akan melakukan penilaian secara mendadak. Bahkan dia menargetkan, lokasi tanaman sayuran bisa menjadi destinasi edukasi.

Khususnya untuk anak-anak usia dini. Mereka bisa belajar soal sayuran dan cara menanam. Dengan mengenal soal proses tanam menanam ini bisa membuat anak-anak hobi sedari dini.

“Kami bisa juga berikan budidaya lele, ternak ayam, dan lainnya. Pasti anak-anak senang belajar,” tandasnya. (diskominfo/ cha/mgm)