Wali Kota Hadiri Pelepasan Perdana Direct Call Kepiting ke Tiongkok

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud hadir dalam kegiatan pelepasan perdana ekspor langsung (direct call) kepiting ke Shenzen, Tiongkok, Minggu (22/5/2022) di Terminal Kargo Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Hadir dalam kegiatan ini Plt Sekda Provinsi Kaltim, Riza Indra Riadi; Plt Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Hari Maryadi; Operation Services and Security Senior Manager, Arief Sirajuddin; perwakilan Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Timur, serta Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan dan pelaku usaha ekspor.

Wali Kota Rahmad Mas'ud menyampaikan, dirinya mengapresiasi pihak-pihak yang mewujudkan kegiatan ekspor langsung dari Balikpapan menuju Tiongkok. Ia berharap, dengan fasilitas yang ada, dapat mendongkrak jumlah pengusaha yang melakukan ekspor.

"Saat ini peluang lebih terbuka. Jadi harapannya ya lebih meningkat. Dengan adanya fasilitas ini akan memudahkan dan menguntungkan pengusaha karena menghemat buaya dan waktu," terangnya.

Dengan hematnya biaya ini, ia berharap ada peningkatan ekspor. Terlebih, penerbangan langsung ke Shenzen, kurang lebih hanya 4 jam. Apalagi saat ini Kaltim tercatat sebagai daerah nomor dua di Indonesia yang melakukan ekspor kepiting.

"Dengan peluang dan sarana yang sudah terbuka, harapannya Kaltim bisa menjadi nomor satu. Apalagi ada pengusaha Kaltim yang mau menyeberang (ekspansi) ke Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah bisa diajak bermitra,” terangnya.

Ia menambahkan, ekspor langsung dari Balikpapan bisa dilaksanakan atas kerja keras berbagai pihak. Seperti Bea Cukai dan Balai Karantina yang memudahkan pengusaha dengan fasilitas dan proses sertifikasi.

“Termasuk terima kasih kepada My Indo Airlines yang melayani penerbangan ini. Kita berharap ke depan direct call tidak hanya seminggu sekali,” tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)