Pekan Paralimpic Kota Balikpapan 2013 Dibuka

Balikpapan, Humpro - Pekan Paralimpic Kota (Peparkot) Balikpapan 2013 resmi dibuka oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang ditandai dengan pelepasan balon udara di Lapangan Sudirman, Jumat (13/12). Sebanyak 8 cabang olahraga akan dipertandingkan para atlet penyandang disabilitas di Balikpapan.

Walikota Balikpapan Rizal effendi dalam sambutannya mengaku bangga dengan para atlet paralimpia kota Balikpapan yang dengan semangat membangun prestasi, baik ditingkat kota maupun nasional. "Saya bangga dengan paralimpia kita yang pada Pekan Paralimpic Nasional 2012 sempat memborong medali terbanyak," ungkap Rizal.

Suharyanto, Ketua National Paralimpic Committee (NPC) Kota Balikpapan di sela-sela acara pembukaan mengatakan, Peparkot 2013 ini digelar untuk mencari bibit handal dan membangun rasa percaya diri pada penyandang disabilitas, sehingga dapat membangun rasa sportifitas para anggota. "Target tahun ini adalah untuk mencari para atlet guna mempertahankan juara umum pada Pekan Paralimpic Provinsi Kaltim tahun 2014," ungkap Suharyanto.

Pada Peparnas XIV 2012 di Riau, lanjut Suharyanto, kontingen Balikpapan meraih medali terbanyak yakni 6 emas, 4 perak, dan 11 perunggu. “Tahun ini  kota Balikpapan mengirimkan 2 atlet paralimpic nya untuk mengikuti Asean Paragames 2013 di Myanmar," lanjutnya. (mgm/hms)