Coastal Road Investasi Tepat di Kawasan Premium Balikpapan

 

Untuk merealisasikannya, akan dilakukan reklamasi tepi laut sejauh 230 m – 830 m dari surut air laut terendah dengan luas reklamasi 3.229.960 m2. Ini sesuai dengan arahan Direktur Penataan Ruang Nasional Ditjen Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum Iman Soedrajat yang mengatakan kota-kota pesisir di Indonesia memang sebaiknya melakukan pengembangan daerah melalui cara reklamasi.

Alasannya, area perhutanan dan sawah sudah terus tergerus, sementara pengembangan wilayah dibutuhkan. Karena itu reklamasi pantai merupakan solusi yang tepat untuk pengembangan daerah baik dari segi komersil dan sosial. Tentunya, reklamasi yagn dilakukan tersebut harus ramah lingkungan.

Lebih lanjut Imam menjelaskan, proyek reklamasi pantai sangat menguntungkan, mengingat nilai proyek yang besar dan pertumbuhan perkembangan daerah yang potensial. “Bisa kita rangsang semuanya dengan skema-skema insentif yang dapat disusun oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

Pemkot Balikpapan nyatanya juga sangat serius dalam merealisasikan proyek ini. Ide pengembangan yang sudah tercetus sejak era kepemimpinan Tjutjup Suparna pada 1990-an, disempurnakan dengan persiapan yang matang selama periode pemerintahan Imdaad Hamid. Selanjutnya, di era kepemimpinan pemerintahan Rizal – Heru coastal road ini akan direalisasikan. Buktinya, Pemkot Balikpapan telah menyusun desain skematik secara komprehensif untuk menata kawasan tersebut.

“Kami tidak ingin membuat perencanaan yang sepotong-potong dan tidak komprehensif. Karena itu, kami membuat perencanaan yang lengkap agar investor mudah untuk mengakses dan mempelajari kelayakan coastal road ini baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan,” kata Sri Soetantinah, Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan.

Proyek coastal road memiliki sasaran untuk menciptakan pusat kota baru/pusat perdagangan yang bernuansa pantai di pusat Kota Balikpapan, sebagai alternatif mengatasi kemacetan lalu lintas, mengembangkan akses publik ke pantai dan penataan estetika kota. Lokasi yang ditawarkan juga berada di kawasan premium yakni sepanjang pantai yang terletak dengan pusat bisnis Balikpapan.