Saatnya Perempuan Eksplor Potensi Diri

 

Balikpapan, Humpro - Hari ibu yang diperingati setiap tahun selalu meninggalkan pesan adanya peran serta perempuan dalam berbagai lini kehidupan, bukan hanya di keluarga maupun bagi pembangunan bangsa. Tak terkecuali Arita Rizal Efendi, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan yang mengharapkan kepada para perempuan Balikpapan agar dapat melakukan eksplorasi potensi diri yang dapat bermanfaat bagi pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan keluarga.

Arita yang ditemui saat syukuran Peringatan Hari Ibu Ke 85 Kota Balikppaan di Aula Kantor Pemerintah Kota Balikpapan, Kamis pagi ( 19/12) mengatakan ada banyak cara yang dapat dimanfaatkan perempuan untuk menggali potensi diri, bahkan cara tersebut dapat dilakukan di rumah masing-masing. "Melalui pemberdayaan home indutri misalnya,"ungkap Arita.

Melalui pemberdayaan industri rumah tangga (home industri), lanjut Arita,  para ibu dapat memanfaatkan sesuatu yang ada di rumah agar bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga. "Para ibu bisa membatik, membordir, dan menanam sayuran di pekarangan rumah yang hasilnya dapat dimanfaatkan, bahkan dijual ,"katanya.

Meskipun dapat mengembangkan potensinya dengan berbagai kegiatan, pihaknya tetap mengingatkan kepada para perempuan agar mengingat kodrat, harkat, dan martabatnya sebagai seorang ibu yang memiliki tanggung jawab terhadap keluarga. "Jangan sampai karena alasan untuk kesejahteraan keluarga, mereka (perempuan) melupakan kewajibannya untuk mengurus dan mendidik anak," harapnya. (Mgm/hms)