Ratusan Pelajar Ikuti Jambore Cabang Balikpapan

Balikpapan, Humpro – Sebanyak 677 pelajar yang terdiri dari siswa siswi SD dan SLTP  setingkat Penggalang se-Kota Balikpapan mengikuti kegiatan Jambore Pramuka Cabang Kota Balikpapan. Jambore cabang yang diselenggarakan tiga tahun sekali ini  dilaksanakan di SMKN 5 Kelurahan Lamaru dan dibuka secara resmi oleh Walikota Balikpapan H.M Rizal Effendi pada hari ini, Kamis (19/12).

 

677 pelajar tersebut terdiri dari Penggalang Putra sebanyak 33 regu dengan jumlah peserta 322 orang dan Penggalang Putri sebanyak 36 regu dengan jumlah 355 orang serta dihadiri perwakilan pramuka dari Pahang, Malaysia.

Wali Kota Balikpapan H.M Rizal Effendi dalam sambutannya menyatakan bangga dan menyambut  positif kegiatan Jambore yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Kota Balikpapan tersebut. Menurutnya selain untuk mengisi liburan sekolah, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang silahturahmi bagi sesama pramuka juga dapat dijadikan wadah untuk menambah pengetahuan dan bertukar pengalaman serta sebagai ajang memotivasi, melatih diri dalam bentuk kerjasama-kerjasama kelompok diantara peserta.

“ Pramuka sebagai salah satu wadah pengembangan jati diri pelajar yang memiliki peran sangat penting dan strategis dalam pembinaan pengembangan karakter bangsa, hal ini sangat penting karena bangsa yang besar dan maju adalah bangsa yang disegani dan dihormati karena kepribadiannya “ tegasnya.

Jambore cabang ini akan berlangsung sampai dengan hari Minggu (22/12), panitia menyusun berbagai kegiatan seperti pelatihan tentang kemampuan berkomunikasi, bakti sosial, dan beragam kegiatan lain yang bertujuan mengembangkan pengetahuan dan wawasan serta meningkatkan persaudaraan. (HMS/hjp)