Bang Haji Datang, Wargapun Senang

Balikpapan, Humpro - Kehadiran Rhoma Irama rupanya menjadi magnet tersendiri bagi warga Kota Balikpapan, hal itu tampak terlihat dengan dipadatinya halaman parkir Rapak Plaza pada peringatan Maulid Nabi Muhammad 1435 Hijriah pada jum’at malam tadi (17/1).

Wali Kota Balikpapan H.M Rizal Effendi yang hadir bersama Ketua DPRD Kota Balikpapan Andi Burhanuddin Solong nampak tersenyum ketika warga mengelu-elukan sang mubaliq kondang sekaligus raja dangdut ini.

Dalam tausiyahnya, Bang Haji – sapaan akrab Rhoma Irama, mengajak segenap warga yang hadir untuk mengenal keistimewaan dan meneladani Rosullullah SAW dalam menerapkan akhlaqul kharimah dikehidupan sehari-hari.

“tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, tak cinta maka tak taat “ tutur Rhoma membuka tausiyahnya.

Ada beberapa alasan mengapa Nabi Muhammad SAW lebih istimewa dibanding nabi dan rasul lainnya, kata Rhoma. Dari 124 ribu nabi yang diturunkan Allah di muka bumi, hanya Nabi Muhammad SAW yang memiliki teritorial dakwah yang paling luas.

”Nabi Muhammad SAW diutus untuk seluruh umat manusia di muka bumi. Sementara nabi dan rasul lainnya hanya diutus Allah untuk memimpin suatu kaum saja,” jelas Rhoma.

Rhoma melanjutkan Nabi Muhammad SAW diutus Allah untuk memperbaiki akhlaq manusia.  Ia mencontohkan begitu mulianya akhlaq Baginda Nabi bahkan terhadap orang yang berbuat jahat kepadanya sekalipun.

“Salah satu pahala yang besar adalah berbuat baik pada orang yang berbuat jahat pada kita, ini yang diteladankan Nabi Muhammd SAW “ kata Rhoma.

Disela-sela tausiyahnya tidak lupa Rhoma melantunkan nyanyian khasnya, ia beberapa kali mengajak warga ‘berkolaborasi’ dalam lantunannya yang berisi pesan dakwah tersebut.

Peringatan Maulid Nabi ini digelar oleh Kerukunan Persatuan Pedagang Rapak Plaza Balikpapan sebagai bentuk syukur dan kecintaan terhadap Baginda Rosul, acara ini juga disiarkan langsung oleh tv lokal yang ada di Balikpapan (HMS/hjp)