Wali Kota Ajak Warga Balbar "Nyoblos"

Balikpapan, Humpro - Tak terasa 75 hari lagi seluruh rakyat indonesia akan mengikuti pemilihan umum legislatif (pileg) yakni sebagai ajang untuk memilih wakil rakyat yang akan duduk di kursi DPRD Kota dan Provinsi, DPR RI, serta DPD RI. Sebagai salah satu bentuk demokrasi di Indonesia diharapkan seluruh pihak untuk mensukseskan kegiatan tersebut, termasuk menggunakan hak pilihnya bagi yang memiliki.

 

Imbauan tersebut disampaikan oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Efendi saat menghadiri Acara Maulid Nabi Muhammad S.A.W bertempat di Masjid Manuntung Pandansari, Kamis malam (23/1). "Ajak seluruh sanak saudara yang telah memiliki hak pilih agar ke TPS pada 9 April nanti," kata Wali Kota Rizal Effendi dihadapan warga Kecamatan Balikpapan Barat (Balbar) yang menghadiri acara tersebut.

Wali Kota mengatakan pada pileg 2014 ada sejumlah calon legistatif yang berasal dari wilayah ini (Balbar) yang akan bersaing untuk memperebutkan kursi legislatif, baik untuk DPRD Kota, Provinsi, dan DPR RI. "Ayo kita dukung calon dari Balbar karena calon dari wilayah ini cukup banyak," serunya.

Dengan menggunakan hak pilih, lanjut Rizal, juga akan mendukung penggunaan anggaran pemilu secara optimal. Karena berkaca pada Pemilihan Gubernur pada tahun 2013, dari 400 ribu lebih daftar pemilih tetap, tingkat kepesertaan pemilih hanya 62 persen atau terdapat 150 ribu lebih warga Balikpapan yang tidak menggunakan hak pilihnya. "Karena jika pemilihnya hanya 250 ribu orang, maka biaya yang dikeluarkan untuk pemilu tetap sama," ungkapnya.

Pemilu tahun 2014 adalah pemilihan umum ke 3 yang melibatkan partisipasi langsung masyarakat untuk memilih calon legistatif dan presiden, hal ini tentu menjadi pengalaman yang berharga bagi seluruh warga untuk mensukseskannya. "Jaga kondusifitas kota agar pesta demokrasi pada tahun ini berjalan lancar," harapnya.

Sementara itu Maulid ini dihadiri ratusan warga sekitar yang mendengarkan tausiyah dari Habib Ali Al Habsyi yang berasal dari Jakarta. (Hms/mgm)