Wali Kota Resmikan Ruang Isolasi RSUD Beriman

Balikpapan - Pemerintah Kota Balikpapan melalui Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meresmikan ruang isolasi Akasia RSUD Beriman, Jumat (8/5). Dengan peresmian tersebut, RSUD Beriman lebih siap dalam menangani pasien Covid-19.

Sebelumnya, RSUD Beriman hanya memiliki satu ruangan isolasi. Setelah renovasi, rumah sakit milik pemerintah kota yang berada di Jalan Mayjend Sutoyo Gunung Malang ini menjadi empat ruangan, dengan kapasitas delapan tempat tidur.

Ruangan isolasi ini memiliki standar kedap udara atau tekanan negatif. Dengan alat hepa filter untuk menyerap partikulat efisiensi tinggi, sehingga udara yang dibuang keluar tetap aman. Beberapa fasilitas pelengkap lainnya yakni ruang penyekat, ruangan dekontaminasi untuk petugas medis. Juga sarana tv, kulkas, dispenser untuk mendukung kenyamanan pasien.

Selain itu juga diresmikan layanan konseling berjarak Sejiwa, yang merupakan konseling sehat jiwa yang diperuntukkan bagi masyarakat luas, khususnya keluarga PDP maupun positif Covid-19. Layanan ini dapat diakses melalui hotline maupun tatap muka, jika dianggap penting dan perlu untuk melakukan tatap muka.

Kemudian layanan terakhir yang diresmikan adalah Sistem Informasi Masyakarat 24 Jam (SIMAS 24), yang membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang fasilitas dan pelayanan rumah sakit.

Wali Kota Rizal Effendi berharap dengan penambahan fasilitas ruang isolasi dan layanan lainnya, RSUD Beriman lebih maksimal dalam melakukan pelayanan bagi pasien Covid-19. Mulai dari rapid test, swab test, dan upaya penanganan atau tindakan medis lainnya.

Hadirnya layanan konseling berjarak juga diharapkan mampu memberi bantuan psikologis bagi keluarga pasien. Karena pasti ada kekhawatiran atau kecemasan yang dirasakan keluarga pasien, sehingga harus dapat diatasi dengan baik.

Fasilitas penanganan Covid-19 RSUD Beriman ini melengkapi fasilitas penanganan Covid-19 Rumah Sakit lainya di Kota Balikpapan.

Peresmian turut dihadiri oleh Direktur RSUD Beriman CI Ratih Kusuma, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP2KB) Sri Wahyuningsih, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty. (Tim Liputan Gugus Tugas Covid19)

-
#BalikpapanTetapTegak
#BalikpapanLawanCovid19
#BersamaKitaBisa
#RSUDBeriman