Disdukcapil Gandeng Gojek Layani Anter Dokumen Kependudukan

BALIKPAPAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan bekerja sama dengan perusahaan ojek daring  yakni Gojek dalam pelayanan pengantaran dokumen kependudukan. Hal ini bertujuan,agar  memudahkan warga dan kantor Disdukcapil sehingga tidak terjadi keramainan di tengah pandemi Covid -19. Demikian diungkapkan Kepala Disdukcapil Balikpapan – Hasbullah Helmi usai peresmian kerjasama layanan pengantaran dokumen di Disdukcapil bertempat diKkantor Disdukcapil ,Rabu(16/06).

"Untuk semua kepengurusan sudah melalui sistim online di Disdukcapil. Kini warga juga dapat dengan mudah mengambil dokumen yang sudah jadi dengan menggunakan layanan Gojek, "ujarnya.

Helmi biasa disapa mengaku, adapun kerjasama pelayanan antar dengan Gojek ini dalam rangka mendukung pembatasan fisik menuju fase kehidupan kenormalan baru.
Selain itu, adanya sistem ini akan mengurangi pelayanan tatap muka antar masyarakat dan petugas Disdukcapil. Sehingga ini mengurangi resiko penyebaran Covid-19.

"Untuk sementara pelayanan pengantaran  dokumen ini akan diawali dengan pengantaran dokumen dan surat pindah. Namun jika berjalan dengan baik, maka semua dokumen bisa diantarkan melalui sistem pelayanan yang telah menjadi kerjasama, " ujarnya.

Helmi menambahkan, untuk pelayanan menggunakan ojek online ini, dipastikan akan aman dan cepat. Karena,pengiriman berkas dengan cara di segel,sehingga saat segel rusak dapat pertangungjawabkan. Hal ini bertujuan ,agar pengiriman data dalam dokumen tidak disalahgunakan.

Sementara itu, District Head Gojek Balikpapan  -  Ario Agung Benardi  menjelaskan adapun teknis sistem pelayanan pengantaran dokumen di Disdukcapil. Masyarakat yang menyelesaikan proses kepengurusan melalui sistem daring, akan menerima SMS atau pesan singkat dari Disdukcapil.

"Dalam pesan itu akan tertera nama nama pemilik dokumen dan tautan/link.  Tautan tersebutlah yang akan mengarahkan pada aplikasi Gojek. Setelah klik tautan maka akan masuk ke menu gosend,  dimana konsumen akan menentukan titik jemput di Disdukcapil untuk dikirim ke alamat konsumen, " ujarnya.

Ario mengungkapkan, driver akan mengkonfirmasi orderan yang diterima. Driver pun akan mengantre di satu antrian yang telah dipersiapkan khusus oleh Disdukcapil.(Diskominfo/editor:mgm)