Libur Panjang Perketat Pengawasan Pantai Manggar

Balikpapan - Pemerintah Kota Balikpapan akan memperketat pengawasan protokol kesehatan Covid 19, di tempat wisata seperti pantai Manggar, selama libur panjang dari 29 Oktober hingga 1 Oktober. Adapun pengawasan tersebut, agar warga tetap menjalankan protokol kesehatan selama berlibur ditempat wisata.

Kami bersama instansi terkait, telah membahas terkait tempat wisata tetap buka selama liburan panjang nanti.Hal ini bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang akan berlibur, kata Kepala Satpol PP Balikpapan Zulkifli, Senin(26/10).

Zulkifli menjelaskan, pihaknya akan mengawasi para pengunjung yang masuk tempat wisata, agar mengedepankan protokol kesehatan Covid 19.Hal ini berlaku juga di pantai Manggar.

Salah satu upaya pengawasan ini tidak hanya mengantisipasi meningkatnya jumlah pengunjung ditempat wisata yang berdasarkan aturan hanya 50 persen dari jumlah kapasitas, namun pengawasan juga tertuju,agar para pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19, tegasnya.

Zulkifli mengaku, untuk teknis pengamanan di lapangan, selain mengandlkan petugas  internal dari petugas tempat pariwisata. Nantinya, pengamanan akan dibantu  beberapa petugas dari Satpol PP dan juga memanfaatkan semacam relawan.

Petugas yang akan membantu pengawasan dilapangan seperti  PMI, duta wisata. Namun sebelum mereka diajak, akan diberikan pembekalan dari DKK terlebih dahulu, katanya.

Zulkifli menambahkan, pengawasan protokol kesehatam covid 19 tidak hanya saat pengunjung masuk diperiksa suhu tubuh, penggunaan masker, menjaga jarak dan sering-sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Namun saat berada ditempat wisata harus tetap menggunakan masker.

Sementara untuk pedagang yang ada di sekitaran tempat wisata juga akan didata, dan mendapat pengarahan dari petugas terkait aturan menjalankan protokol kesehatan. (Diskominfo editor:mgm)