Puskesmas 24 Jam dan IGD RS Buka Selama Idulfitri

BALIKPAPAN - Jelang momen Idulfitri, dipastikan seluruh Puskesmas 24 jam Kota Balikpapan tidak libur dan tetap memberi pelayanan. Selain itu juga IGD di semua rumah sakit juga tetap memberi pelayanan.

Hal oni disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty. Menurutnya, para tenaga kesehatan juga turut backup sejumlah posko. "Mulai posko mal, di Km 13, juga pelayanan 24 jam lain," sebutnya kemarin (10/5/21).

Saat Idulfitri, salah satu hal yang harus dipantau lebih antara lain kecelakaan. Namun dengan adanya penyekatan di sejumlah titik pintu masuk antar daerah, diharapkan jumlah kecelakaan jauh berkurang.

"Biasanya kasus terjadi di kawasan Manggar atau tempat-tempat wisata. Juga pintu masuk seperti Karang Joang. Tapi karena ada pembatasan mudah-mudahan agak berkurang," katanya.

Dilanjutkannya, sebelum Idulfitri dilakukan rapid tes antigen bagi imam, khatib maupun panitia inti pelaksanaan salat Idulfitri. Jika memang ada yang bergejala, dipersilakan datang ke Puskesmas. "Semua sudah kami drop antigen," ujarnya.

Namun dia menegaskan, ini hanya berlaku bagi mereka yang bergejala. Sementara bagi mereka yang tes untuk perjalanan, tidak akan dilayani. Karena tujuannya adalah untuk tracing bukan surat perjalanan.

"Karena upaya pengendalian covid harus cepat tracing. Supaya cepat makanya kami dropping di seluruh Puskesmas rapid antigen," terang Dio, sapaan Andi Sri. (diskominfo/ cha/mgm)