Vaksin Pra Lansia Mulai Hari Ini

BALIKPAPAN - Satgas Covid-19 Kota Balikpapan kembali melaksanakan vaksinasi. Selain lansia di atas 60 tahun dan petugas pelayanan publik, kini pra lansia usia di atas 50 tahun juga mulai divaksin. Rabu (9/6/21) ini ada sebanyak 1.000 orang divaksin di BSSC Dome, Balikpapan Selatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan Alwiati mengungkapkan, di antara pelayanan publik yang menerima vaksin hari ini adalah dosen, pegawai pajak, beacukai, karyawa bank pemerintan dan instalator Perumda Tirta Manggar Balikpapan.

Alwi mengatakan, untuk percepatan pemberian vaksin bagi pra lansia dan lansia, pihaknya akan bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk melakukan pendampingan.

"Kemungkinan vaksinasi di kelompok pra lansia dan lansia agak lamban dilakukan karena mereka kesulitan untuk menuju ke sentra vaksinasi atau puskesmas. Sehingga Waka Polda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto mengarahkan untuk tiap bhabinkamtibmas akan mendampingi dua orang lansia dalam setiap kegiatan vaksinasi di puskesmas," ujarnya.

Dalam percepatan vaksinasi ini, Satgas Covid-19 berencana memberikan vaksin kepada 2.500 dari kelompok pra lansia, lansia dan pelayanan publik. Sehingga, selain di BSSC Dome, RSUD Beriman dan RS Sayang Ibu, vaksinasi juga dilakukan di fasyankes tingkat pertama atau puskesmas.

"Di puskesmas Mekasari, hari ini kami memberikan vaksin kepada 48 orang pra lansia, dan juga beberapa lansia serta pelayanan publik untuk suntik vaksin lanjutan," ungkap Kepala Puskesmas Mekar Sari Lily Anggraini.

Lily mengatakan, alur pemberian vaksin dilakukan menggunakan alur dua meja, di mana meja pertama pendaftaran, pengecekan di aplikasi peduli dan lindungi, dan screening kesehatan. "Kemudian dilanjutkan pemberian vaksin di meja dua dan observasi selama 15 menit," tandasnya. (diskominfo/ cha/mgm)