Selain Dapur Umum, Wali Kota Juga Akan Berdayakan UMKM untuk Konsumsi Warga Isoman

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud bersama Kepala Dinas Sosial Kota Balikpapan meninjau dapur umum yang berlokasi di Jalan MT Haryono, Senin (19/7/2021) pagi. Dapur umum ini yang akan menyediakan makanan bagi warga yang sedang melaksanakan isolasi mandiri (Isoman) di rumah.

Dalam tinjauan tersebut Wali Kota Rahmad Mas'ud juga menyempatkan memasak telur bagi warga yang melaksanakan isoman. Kompor untuk memasak berada di atas kendaraan khusus dinas Sosial. Wali kota juga membantu melipat karton kotakan bersama petugas dinas sosial dan tagana.

Wali kota mengatakan, untuk hari ini dapur umum akan menyediakan makanan tiga kali sehari, namun untuk besok hanya satu kali saja. “Mulai besok makan siang kami yang siapkan di dapur umum, kalau makan pagi dan malam kami akan berdayakan UMKM yang ada di kelurahan masing-masing,” katanya.

Menurutnya pelibatan UMKM ini dilakukan agar dapat memberdayakan pelaku usaha tersebut. "UMKM kami libatkan untuk menyiapkan makan pagi dan malam bagi warga yang sedang isoman, tinggal nanti kelurahan yang akan berkoordinasi dengan para Ketua RT yang ada warga sedang isoman,” tambahnya.

Pengadaan ini, lanjutnya, menggunakan anggaran akan menggunakan Dana Tidak Terduga, sehingga tidak harus menunggu hingga pengesahan APBD Perubahan.

“Saya juga sudah instruksikan agar tidak ada warga yang isoman tidak diberi makan. Makanya kita gotong royong membantu mereka yang isoman, apalagi jangan sampai ada yang tidak makan,” pungkasnya. (diskominfo/ cha/mgm)