Dinkes Data Ibu Hamil Trimester Dua, Akan Dapat Suntikan Vaksin

BALIKPAPAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan melaksanakan pendataan terhadap ibu hamil yang akan mendapatkan suntikan vaksinasi COVID-19. Selama beberapa waktu ini Dinkes diminta untuk melakukan persiapan oleh Kementrian Kesehatan.

"Sudah ada sosialisasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kepada kami di daerah untuk lakukan persiapan. Saat ini kami (Dinkes) melakukan pendataan kepada ibu hamil," terang Dio, sapaan Andi Sri Juliarty (10/8/2021).

Nantinya vaksin dosis pertama akan diberikan terhadap ibu hamil yang memasuki masa trimester kedua kehamilan. "Kami lagi mengumpulkan data ibu hamil di Balikpapan yang sampai sampai saat ini usia kehamilan trimester dua," katanya.

Data sementara oleh Dinas Kesehatan, sudah sekitar 2.336 ibu hamil di Balikpapan yang tercatat. Data tersebut telah dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dan Kemenkes. Ibu hamil ini akan menerima vaksin Sinovac.

"Data dikirim untuk kita mendapat jatah vaksinnya. Data ini masih terus diinput," terangnya.

Untuk itu, ia mengimbau bagi ibu hamil yang belum terdata agar segera melaporkan diri ke puskesmas terdekat. Terutama bagi ibu hamil yang tidak melakukan pemeriksaan di puskesmas. (diskominfo/ cha/mgm)