Upaya Tingkatkan Pelayanan, DPMPTSP Balikpapan Gelar Forum Konsultasi Publik

BALIKPAPAN - Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Balikpapan. Pada Kamis (14/10/2021), berlokasi di Hotel Novotel, DPMPTSP melaksanakan Forum Konsultasi Publik.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Kemenpan-RB, menghadirkan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal Pemkot Balikpapan. Ini bertujuan agar mendapatkan masukan dari pihak-pihak tersebut.

Kepala DPMPTSP Balikpapan, Elvin Junaidi menjelaskan, pihak-pihak yang hadir tak hanya dari perangkat daerah tapi juga organisasi, pelaku usaha, juga penyandang disabilitas.

"Ini saya pikir, rekan-rekan disabilitas juga ingin kami dengar masukan mereka. Bagaimana sarana dan prasarana, apakah sudah mendukung. Kami sejauh ini berupaya, tapi siapa tahu ada masukan," terangnya.

Saat ini, pada dasarnya untuk fasilitas maupun tenaga SDM pelayanan di DPMPTSP sudah cukup siap. Ada banyak hal yang juga diupayakan bagi misalnya, rekan tuna netra. Mulai dari aplikasi hingga jemput bola.

"Misalnya kami hadir di organisasi mereka dan membawa perizinan ke kantor," katanya.

Dalam kesempatan ini Elvin juga membacakan sambutan Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Dalam sambutan tersebut Wali Kota menyampaikan, kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dengan tema "Terwujudnya Pelayanan Publik yang Tepat, Pasti dan Transparan ", dia berharap kegiatan tersebut bisa menjadi cara strategis dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat.

"Menurut Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009, tentang pelayanan publik, keterlibatan Masyarakat merupakan hal yang penting dalam rangka membangun sistem pelayanan yang transparan dan akuntabel. Apalagi kualitas penyelenggaraan berhubungan langsung dengan produktivitas masyarakat dan pendapatan asli daerah," terangnya.

Makin tertib masyarakat, maka makin besar pendapatan yang bisa diterima oleh daerah. Untuk itu seiring dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi, diharapkan kualitas pelayanan publik di Balikpapan bisa terus meningkat dengan benar-benar berorientasi pada kepuasan masyarakat sebagai penerima manfaat pelayanan. (diskominfo/ cha/mgm)