Penutupan Safari Ramadan, Wali Kota Imbau Masyarakat Tetap Jalankan Prokes

BALIKPAPAN - Penutupan Safari Ramadan 2022 Pemerintah Kota Balikpapan dilaksanakan di Masjid Ar-Raudhah, Jl Pupuk RT 18 Kelurahan Damai Bahagia, Kecamatan Balikpapan, Selasa (26/4/2022). Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud hadir dan ikut salat isya dan tarawih berjamaah dengan warga.

Dalam sambutannya, Wali Kota kembali mengingatkan seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) saat beraktivitas menyusul kebijakan pemerintah pusat yang menaikkan status PPKM Balikpapan di level tiga.

Ia mengungkapkan, meskipun naik level tiga, tidak ada pembatasan-pembatasan saat masyarakat merayakan Lebaran. "Tapi saya mengimbau kembali agar masyarakat tetap jaga prokes. Kita jaga-jaga, ini semua demi kebaikan bersama," ucapnya dihadapan unsur Forkopimda, kepala OPD, camat, lurah, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta para jamaah Masjid Ar-Raudhah.

Ia juga mengingatkan agar warga Balikpapan yang mudik menitipkan rumahnya kepada tetangga terdekat atau ketua RT. Hal ini menurutnya demi keamanan rumah warga saat ditinggalkan penghuninya.

"Sebaiknya lapor ke tetangga atau ke ketua RT. Titiplah ke mereka. Jangan ditinggal begitu saja. Jangan sampai rumah ada isinya dan pulang, isinya habis," tutur wali kota.

Di pengujung Ramadan, wali kota juga mengingatkan agar warga menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim dengan membayar zakat fitrah. " Pembayaran bisa dilakukan di masjid terdekat atau di lembaga resmi penyaluran zakat," tuturnya.

Dalam Safari Ramadan ke-8 sekaligus penutup di Masjid Ar-Raudhah, tausiah disela-sela salat Isya dan Tarawih oleh KH Muslih Umar. Pimpinan Pondok Pesantren Al Hamidiah Balikpapan menyampaikan soal pentingnya menunaikan zakat fitrah. (diskominfo/cha/mgm)