Pemkot Menyambut Baik Pemilihan Kota Balikpapan Sebagai Tuan Rumah Pra KTT Y20 Ketiga

BALIKPAPAN - Konferensi pers pra Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 Indonesia Presidensi G20 Indonesia dilaksanakan Selasa (17/5/2022) pagi di VIP Room Balaikota Balikpapan. Kota Balikpapan, pada tanggal 20-22 Mei 2022 akan menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut.

Penunjukkan Balikpapan mempertimbangkan Kota Balikpapan sebagai kota berkelanjutan bidang lingkungan tingkat Asia Tenggara. Sehingga dinilai sesuai dengan sub tema ketiga, sustainable and livable planet.

Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Balikpapan, Agus Budi Prasetyo menjelaskan, Pemerintah Kota Balikpapan menyambut baik dan mengapresiasi hal ini. Apalagi Balikpapan saat ini telah ditetapkan sebagai beranda ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Dijadwalkan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar akan hadir dalam Pra KTT. penunjukan kota Balikpapan sebagai salah satu dari empat tempat penyelenggara Pra-KTT Y20 ini merupakan permintaan langsung dari Menteri LHK RI, Siti Nurbaya Bakar.

"Kota Balikpapan akan memperkenalkan pada delegasi negara ecotourism atau destinasi wisata lingkungan. Akan ada dua lokasi, pertama, Mangrove Margomulyo, kedua Kebun Raya Balikpapan," tutur Agus Budi.

Mangrove Margomulyo ini dipilih lantaran banyak spot yang perlu dilakukan penyulaman. Sekaligus kita akan perkenalkan dan usulkan sebagai kawasan wisata.

Sedangkan Kebun Raya Balikpapan menjadi destinasi kedua lantaran merupakan vegetasi hutan hujan tropis yang banyak dihuni oleh tanaman langka atau tanaman endemis.

"Hal baiknya lagi, di Kebun Raya kita sudah menggunakan aplikasi digitasi. Pohon sudah ada barcode yang tinggal dipindai untuk mengetahui jenis pohon, kapan ditanam dan informasi lainnya," jelas Agus.

Y20 merupakan salah satu engagement group resmi G20 bidang kepemudaan yang mewadahi delegasi pemuda dari seluruh negara anggota G20. Balikpapan adalah kota ketiga setelah sebelumnya Pre Summit atau Pra KTT dilaksanakan di Palembang pada Maret, dan Lombok pada April lalu.

Setelah Balikpapan, Pra KTT rencananya akan dilanjutkan di Manokwari Juni mendatang. Masing-masing juga mengangkat tema yang berbeda-beda. Kemudian puncak acara KTT Y20, akan mengambil lokasi di kota Jakarta dan Bandung pada bulan Juli mendatang.

Pelaksanaan Pra-KTT Y20 di Kota Balikpapan nanti akan dihadiri langsung oleh delegasi dan pengamat dari sejumlah negara yang tergabung dalam G20. Di antaranya, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan negara-negara Asia Tenggara, serta perwakilan dari beberapa kedutaan asing di Indonesia.

Selain itu, ada 100 pemuda dari wilayah Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Rincinya, 38 pemuda Balikpapan, 37 pemuda Samarinda, 2 pemuda Penajam Paser Utara, 11 pemuda Bontang, 3 pemuda Kutai Timur, 5 pemuda Kutai Kartanegara, dan 4 pemuda asal Banjarmasin. (diskominfo/cha/mgm)