Balikpapan Art and Culinary Fest Diharapkan Jadi Event Besar Tahunan

BALIKPAPAN - Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan, Agus Budi Prasetyo mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud membuka Art and Culinary Fest di Gedung Kreatif (Gedung Parkir Klandasan), Sabtu (21/5/2022) sore. Pembukaan kegiatan juga dihadiri Ketua Forum Ekonomi Kreatif Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud dan Kepala DPOP Kota Balikpapan, CI Ratih Kusuma.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat pelaku ekonomi kreatif, UMKM dan anak muda Balikpapan. Ratih mengungkapkan, kegiatan semacam ini diharapkan dapat menjadi wadah bakat dan potensi generasi muda Balikpapan. Juga hiburan untuk warga kota.

"Dan dalam hal perekonomian di Kota Balikpapan. Ini adalah kegiatan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan khususnya bidang pariwisata dalam rangkaian HUT Kota ke 125 tahun," ungkap Ratih.

Sementara, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat , Agus Budi Prasetyo yang menyampaikan sambutan wali kota mengungkapkan, pihaknya menyambut baik kegiatan ini. Dengan harapan menjadi sarana mempromosikan kesenian dan kuliner Balikpapan agar semakin dikenal luas. Serta mendapat sambutan yang baik dari masyarakat.

"Melalui kegiatan ini juga diharapkan sektor UMKM kita mendapatkan wadah untuk semakin berkembang. Dan mampu tumbuh menjadi sektor yang kelak akan menjadi tumpuan perekonomian daerah," ungkapnya.

Seiring dengan pemindahan ibu kota negara ke Kaltim, ke depannya diharapkan sektor UMKM dan industri kreatif Kota Balikpapan jadi barometer perkembangan sektor UMKM dan industri kreatif di tanah air.

Diharapkan pula organisasi perangkat daerah bersama dunia swasta dan stakeholder, juga lintas sektor terkait dapat lebih meningkatkan sinergi dan kolaborasi. Tak hanya melalui kegiatan seperti ini, tapi juga dengan memanfaatkan platform online. Melalui konten kreatif yang out of the box.

"Apalagi kita memiliki potensi generasi muda yang luar biasa dan sangat aktif di media sosial," tuturnya.

Agus Budi juga menambahkan, saat menjabat sebagai pelaksana tugas Kepala DPOP selama 4 bulan, dirinya melakukan pemetaan terhadap seluruh kegiatan di DPOP.

"Sesungguhnya, kegiatan-kegiatan kita, juga memperhatikan potensi yang ada di kota Balikpapan, ternyata banyak kegiatan yang bisa dikembangkan. Contoh kegiatan hari ini. Berharap kegiatan seperti ini bisa dikembangkan untuk bisa saling bersinergi," ujarnya.

Dari tiga bidang yang ada di DPOP, yakni pemuda, pariwisata, dan olahraga. Yang mana masing-masing kegiatan memiliki event sendiri-sendiri.

"Diharapkan agar kegiatan ini menjadi event besar yang bisa dilaksanakan tahunan. Bisa rutin diselenggarakan di Kota Balikpapan. Sehingga bisa menarik minat masyarakat, pendatang, maupun wisatawan untuk datang ke Balikpapan," ungkapnya.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan peresmian dengan menekan tombol sirine. Balikpapan Art and Culinary Fest berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (21-22 Mei 2022). (diskominfo/cha/mgm)