Car Free Night, Jl. Sudirman Ditutup 5 Jam

 

Balikpapan, Humpro  -  Car free night atau kawasan bebas kendaraan pada malam hari akan kembali digelar guna memberikan alternatif lokasi kegiatan masyarakat untuk menyambut malam pergantian tahun. Untuk mendukung kegiatan ini, lalu lintas di Jl. Jend Sudirman sepanjang 1 KM akan ditutup malam ini (Selasa 31/12) mulai pukul 20.00 s/d  01.00 WITA. “Jalan yang ditutup mulai persimpangan dekat kantor KPU (Jl. Kutai) sampai dengan simpang RS Pertamina (Jl. Pelajar),” ungkap Sudirman Djayaleksana, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakot Balikpapan, Selasa (31/12).

Sudirman, ketika ditemui diruang kerjanya mengatakan selama kegiatan car free night berlangsung akan diberlakukan pengalihan arus lalu lintas bagi kendaraan yang melintasi Lapangan Merdeka, yakni kendaraan dari arah pelabuhan semayang akan di arahkan melalui Jalan Kutai, dan kendaraan yang melintas dari arah klandasan akan diarahkan menuju Jl. Pelajar (simpang RS Pertamina). “Jalan alternatif yang dapat digunakan oleh warga adalah prapatan atas dan sekitarnya,” jelasnya.

Dengan diberlakukannya kawasan bebas kendaraan pada malam hari ini memungkinkan warga Balikpapan dapat menggunakan fasilitas di Lapangan merdeka secara maksimal tanpa khawatir oleh polusi dari asap kendaraan bermotor. “Sudah pasti udara akan menjadi bersih, dan warga dapat memanfaatkan Jogging track, 3 lapangan yang berada di kawasan tersebut, termasuk kami akan menyiapkan sarana pendukung berupa Toilet umum portabel disana,” ungkap Sudirman.

Untuk pengamanan car free night ini, lanjut Sudirman, rencananya akan dikerahkan 159 personel yang terdiri dari petugas Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Kepolisian, dan tenaga kesehatan. “ Mereka akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis untuk membantu warga mengamankan malam pergantian tahun,” ungkapnya. (hms/mgm)