Ayo Budayakan K3!

Balikpapan, Humpro - Rangkaian kegiatan menyongsong bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2014 di Kota Balikpapan dimulai dengan seminar Safety Culture Improvement yang diselenggarakan di Main Hall Banua Patra Pertamina, Kamis (16/1).

Bertindak selaku pembicara dalam seminar yang dihadiri oleh perwakilan dari berbagai perusahaan di Kota Balikpapan tersebut yakni Ismed Somad, MSc.Eng penulis buku Teknik Efektif dalam Membudayakan K3.

Wali Kota Balikpapan dalam sambutan yang diwakilkan Staf Ahli Bidang Pembangunan Ketut Astana menyatakan pentingnya penerapan K3 mengingat di Balikpapan banyak beroperasi perusahaan yang bergerak di bidang alat berat, migas, pertambangan maupun bidang infrastruktur penunjang lainnya yang memiliki resiko kerja yang tinggi.

“Jika setiap perusahaan atau usaha publik dapat menerapkan prinsip-prinsip dan aturan K3 dengan baik dan benar maka akan tercipta lingkungan kerja yang sehat dan efisien sehingga akan memantapkan kepercayaan dan kredibilitas perusahaan di mata publik“ jelasnya.

“Dengan menerapkan aturan K3 secara ketat maka hasil kerja dapat ditandai dengan tidak adanya kecelakaan kerja atau zero accident“ lanjutnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) mendaulat Pertamina Balikpapan sebagai koordinator bulan K3 tahun 2014. Selain seminar, bulan K3 kali ini akan diisi dengan berbagai kegiatan lain yakni sosialisasi, demo K3, pameran peralatan K3 serta lomba keahlian dan pengetahuan K3. (HMS/hjp)